Iklan

Cara Pasang Plugin di Photoshop CS, CS2, CS3, CS4, CS5, CS6 & CC 100% Berhasil


Cara Pasang Plugin di Photoshop CS, CS2, CS3, CS4, CS5, CS6 & CC 100% Berhasil - Photoshop adalah salah satu software editing foto profesional paling populer yang dilengkapi dengan banyak fitur. Karena kecanggihannya tersebut kebanyakan orang, tidak hanya di Indonesia memilih aplikasi ini untuk kebutuhan editing foto dan digital imaging. Karena kebutuhan desain grafis amat beragam, akhirnya banyak produsen yang membuat berbagai jenis plugin keren atau fitur tambahan yang compatible atau bisa dimasukkan ke dalam software adobe photoshop. Jenis plugin pun ada bermacam-macam salah satu yang paling sering digunakan adalah plugin filter. Karena plugin merupakan salah satu fitur tambahan maka untuk menambahkannya anda harus download plugin photoshop terlebih dahulu. Anda bisa menemukan berbagai jenis plugin dan mendapatkannya secara gratis karena memang sudah banyak tersebar di berbagai situs.

Tata Cara Memasang/Menginstal Plugin di Photoshop yang Benar
Source: Google Images
Setelah anda mendownload plugin photoshop yang anda butuhkan, tentu anda tidak bisa lengsung menggunakannya di dalam photoshop. Ada cara-cara yang harus anda tempuh untuk menginstal atau memasang plugin ke dalam software photoshop agar bisa anda gunakan untuk membantu proses editing. Nah, tutorial photoshop kali ini www.fotodovana.com akan memberikan penjelasan kepada anda tentang bagaimana cara memasang plugin photoshop yang benar. Sehingga anda bisa menggunakan plugin tersebut tanpa mengalami masalah yang disebabkan oleh kesalahan proses instalasi. Yuk mari kita simak bersama langkah-langkah pemasangan plugin photoshop berikut ini:

Tutorial Cara Menginstal Plugin di Photoshop

Cara 1. Melalui Plugins installer

Kebanyakan plugin Photoshop sekarang hadir dengan installer yang secara otomatis menemukan folder plug-in Photoshop Anda dan menginstal plugin untuk Anda. Anda harus selalu mencoba menjalankan program installer terlebih dahulu dan membiarkannya melakukan pekerjaan untuk Anda.

Cara 2. Mencari Folder Plug-in Photoshop Secara Manual

Jika plugin Anda muncul sebagai file zip, Anda harus membukanya dan menyalin file plug-in 8BF secara manual ke folder plug-in Photoshop Anda.
Jika Anda menggunakan Photoshop CC (misalnya versi 2013 - 2017 atau yang lebih baru) di Windows, plugin Photoshop Anda disimpan dalam folder yang dibagi antara semua versi Photoshop CC:
C:\Program Files\Common Files\Adobe\Plug-ins\CC
Untuk versi Photoshop yang lebih lama, folder plug-in adalah sub folder dari folder Photoshop Anda, jadi jika Anda dapat menemukan di mana Photoshop diinstal, Anda dapat menemukan foldernya. Ini biasanya seperti:
C:\Program Files\Adobe\[Photoshop Version here]\Plug-ins\
Jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukannya, klik pada opsi "Search For Files or Folders" di menu Start Windows Anda. Kemudian lakukan pencarian file atau folder bernama "Plug-in" (pastikan Anda mengejanya seperti yang diketik di sini, tanpa tanda petik). Anda harus mendapatkan daftar folder, dan salah satunya adalah folder plug-in Photoshop Anda.

Setelah menemukan map plug-in Anda, coba instal plug-in lagi. Kebanyakan installer memiliki layar yang memungkinkan Anda memilih folder tambahan untuk menginstal plug-in ke dalamnya. Anda harus memilih folder plug-in Photoshop yang Anda temukan di atas. Lain kali Anda menjalankan Photoshop, plug-in harus tercantum dalam menu Filter Anda.

Cara 3. Mengatur folder tambahan untuk Plug-in Photoshop
Jika Anda memiliki Photoshop CS6 (atau sebelumnya), Anda dapat membuat Photoshop terlihat di folder kedua tambahan tempat Anda menginstal plugin lainnya. Di Photoshop, pilih opsi Edit -> Preferences -> Plug-Ins & Scratch Disks.

Pada layar berikutnya, pastikan centang opsi Plug-in Folder Tambahan. Kemudian klik pada tombol Choose, dan cari folder tempat plug-in Photoshop Anda terpasang.
Anda dapat menggunakan opsi ini untuk menunjuk ke folder plug-in yang dibagi antara semua program grafis di komputer Anda. Anda bisa mencoba menggunakan folder plugin Photoshop CC resmi bersama:
C:\Program Files\Common Files\Adobe\Plug-ins\CC
Proses selesai dan restart komputer terlebih dahulu. Saat Anda menjalankan Photoshop, semua plug-in yang kompatibel di folder itu akan muncul di menu Filter Anda.

Jika kedua cara memasang plugin di photoshop di atas telah anda coba dan masih belum berhasil, mungkin saja plugin yang anda download tidak sesuai dengan versi photoshop yang anda miliki. Atau mungkin file tersebut corrupt. Cobalah periksa kembali apakah plugin tersebut memang sesuai dengan versi photoshop yang ada di dalam komputer anda atau tidak. Lalu cobalah untuk menginstal plugin tersebut kembali. Semoga berhasil.