Iklan

Cara Edit Foto Efek Cermin Dengan Photoshop [Mudah]

Cara Edit Foto Efek Cermin Dengan Photoshop [Mudah] - Dalam tutorial Photoshop ini, kita akan melihat bagaimana untuk membuat efek gambar cermin dengan foto, memutar bagian kanan gambar ke refleksi cermin dari kiri setengah. Anda mungkin pernah melihat efek ini digunakan di mana-mana, terutama di poster film atau sampul album, dan seperti banyak efek foto klasik dan paling populer dalam Photoshop, itu adalah trik yang sangat mudah untuk membuatnya.
Berikut adalah cara yang akan tampak bila kita sudah selesai:


Berikut ini gambar yang akan saya gunakan untuk tutorial ini:


Langkah 1: Buat New Blank Document
Daripada bekerja langsung pada foto itu sendiri, mari kita mulai dengan membuat dokumen kosong yang baru saja. Hal ini akan memungkinkan kita untuk membuat efek di ukuran yang kita butuhkan daripada mencoba untuk bekerja dalam dimensi foto bawaan itu sendiri.

Langsung saja menuju ke menu File di bagian atas layar dan pilih New, atau cukup tekan shortcut keyboard Ctrl + N (Win) / Command + N (Mac). Kita akan dibawa ke New kotak dialog Document Photoshop. 
Masukkan ukuran dimensi yang Anda butuhkan untuk efek Anda. Untuk tutorial ini, saya akan masuk dalam ukuran standar 6 inci untuk Lebar dan 4 inci untuk Tinggi, tetapi tentu saja Anda dapat memasukkan dimensi apa pun yang Anda butuhkan. Untuk Resolusi, saya akan enter240 pixel / inch, yang seharusnya memberikan hasil kualitas cetak profesional jika saya memutuskan untuk mencetak gambar nanti. 
Resolusi yang paling umum diterima untuk hasil cetak profesional adalah 300 pixels / inch, tetapi Anda akan sering menemukan bahwa dengan kurang dari itu tanpa kehilangan terasa dalam kualitas. Saya biasanya menggunakan 240 piksel / inci dengan gambar-gambar saya:
Create a new blank Photoshop document. 

Click OK setelah selesai keluar dari kotak dialog. Sebuah dokumen kosong baru akan muncul di layar Anda.

Langkah 2: Pilih Dan Salin Photo
Beralih ke jendela dokumen yang berisi foto Anda. Kita perlu untuk memindahkan foto ke dokumen baru kosong yang tadi telah dibuat. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan ini, tapi saya akan menggunakan klasik "copy dan paste" metode. Pertama, kita perlu memilih seluruh foto. Menuju ke Pilih menu di bagian atas layar dan choose All, atau tekan shortcut keyboard Ctrl + A (Win) / Command + A (Mac). Ini akan menempatkan garis seleksi (juga dikenal sebagai "marching ants") sekitar seluruh gambar dalam jendela dokumen:


Dengan seluruh foto sekarang dipilih/diseleksi, pilih menu Edit dan pilih Copy, atau tekan Ctrl + C (Win) / Command + C (Mac) untuk jalan pintas. Ini menempatkan seluruh gambar sementara ke dalam memori komputer Anda:

Langkah 3: Paste Photo Kedalam New Document
Beralih kembali ke dokumen kosong baru. Kita akan menyisipkan foto ke dalamnya. Untuk melakukan itu, kembali ke menu Edit dan kali ini, pilih Paste. Atau tekan keyboard shortcut Ctrl + V (Win) / Command + V (Mac):

Photoshop akan menyisipkan foto langsung ke dalam dokumen baru:

Foto sekarang muncul dalam dokumen baru.
Jika kita lihat dalam Layers palette untuk dokumen baru, kita dapat melihat bahwa foto kita telah ditempatkan pada lapisan sendiri di atas layer Background. Photoshop telah otomatis bernama layer "Layer 1":

Foto muncul pada lapisan sendiri di atas layer Background.
Anda dapat menutup jendela dokumen foto asli pada saat ini, karena kita tidak perlu lagi untuk selalu terbuka.

Langkah 4: Resize Dan Reposisi Photo Di dalam Dokumen Jika Dibutuhkan
Anda mungkin akan menemukan bahwa foto tersebut tidak cocok dengan sempurna di dalam dokumen baru. Dalam kasus saya, foto terlalu besar dan memperluas melampaui daerah yang terlihat dokumen. Kita harus mengubah ukurannya, dan untuk itu, kita dapat menggunakan perintah Photoshop Free Transform. Pilih menu Edit dan pilih Free Transform, atau tekan shortcut keyboard Ctrl + T (Win) / Command + T (Mac):

Kita akan dibawa ke kotak Free Transform dan menangani sekitar gambar. Sayangnya, karena sebagian dari foto saya memperluas melampaui daerah yang terlihat di dokumen, saya tidak bisa melihat semua Free Transform. Untuk memperbaiki itu, saya hanya akan menuju ke menu View di bagian atas layar dan pilih Fit to screen. Saya juga bisa memilih opsi yang sama dengan keyboard shortcut Ctrl + 0 (Win) / Command + 0 (Mac):

Perintah Fit on Screen membesarkan gambar keluar cukup jauh sehingga segala sesuatu, termasuk Free Transform, sekarang terlihat di dalam jendela dokumen. Untuk mengubah ukuran gambar, tahan tombol Shift, kemudian klik dan tarik salah satu sudut menangani ke dalam sampai Anda memiliki banyak gambar yang Anda butuhkan di dalam area yang terlihat. Menekan tombol Shift saat Anda tarik membatasi rasio aspek gambar sehingga Anda tidak sengaja merusak bentuk itu. triknya, saya akan klik pada pegangan di sudut kanan bawah dan tarik ke dalam sampai bagian bawah garis foto dengan bagian bawah area yang terlihat:


Anda juga dapat memindahkan gambar yang diperlukan untuk memposisikan dengan mengklik di mana saja di dalam kotak Free Transform dan menyeret gambar di sekitar. Hanya saja, jangan klik pada simbol sasaran kecil di tengah kotak Free Transform, jika tidak, anda akan memindahkan simbol sasaran, bukan gambar. Setelah selesai, tekan Enter (Win) / Kembali (Mac) untuk menerima perubahan dan keluar dari perintah Free Transform.

Untuk tampilannya gambar sekali lagi mengisi jendela penuh dokumen keseluruhan, cukup pilih Fit to Screen lagi dari menu View seperti yang kita lakukan beberapa saat yang lalu. Anda juga dapat memilih Actual Pixels dari menu View, yang tampilan akan ke penuh 100%. Cara pintas keyboard untuk Pixels sebenarnya adalah Ctrl + Alt + 0 (Win) / Command + Option + 0 (Mac).

Langkah 5: Tambahkan Sebuah Panduan Garis Vertikal Di Tengah Dari Dokumen
Untuk membuat efek gambar cermin, pertama kita perlu memindahkan segala sesuatu yang kita ingin "cermin" ke satu sisi dokumen. Dalam kasus saya, saya perlu orang di foto saya untuk berada di sisi kiri. Untuk membantu saya memutuskan dengan tepat seberapa jauh digeser ke kiri saya perlu untuk memindahkannya, saya akan menambahkan panduan di tengah gambar. Pergi ke menu View di bagian atas layar dan pilih New Guide:

Tombol ini menampilkan kotak dialog New Guide Photoshop. Pilih Vertikal untuk Orientasi sehingga panduan berjalan naik dan turun gambar daripada kiri ke kanan. Lalu masukkan 50% untuk opsi Posisi sehingga berjalan di tengah-tengah tepat dokumen:

Klik OK setelah selesai untuk keluar dari kotak dialog, dan Photoshop akan menambahkan panduan baru langsung di tengah-tengah dokumen:


vertical guide telah ditambahkan ke pusat tepat dokumen. Jangan khawatir tentang guide yang muncul di depan gambar Anda. Ini ada hanya untuk membantu saat bekerja di Photoshop. Panduan dikenal sebagai "unsur-unsur non-cetak", yang berarti mereka tidak akan tercetak, atau muncul jika Anda menyimpan gambar untuk web, bahkan jika Anda lupa untuk menghapusnya setelah selesai.

Langkah 6: Tarik Subjek utama Untuk Satu Sisi Dokumen
Pikirkan guide hanya menambahkan sebagai "flip point" atau "mirror point" untuk efek. Dengan kata lain, segala sesuatu yang kita tempatkan pada satu sisi panduan ini akan muncul tercermin di sisi lain itu. Tentu saja, sebelum kita dapat mencerminkan apa-apa, kita harus terlebih dahulu memindahkan segala sesuatu yang kita ingin buat cermin ke satu sisi dokumen. Pilih Move tool dari atas palet Tools, atau tekan huruf V dengan cepat memilih dengan cara pintas:

Kemudian, dengan Move tool yang dipilih, klik di mana saja pada gambar dan drag ke kiri atau kanan sampai segala sesuatu yang Anda ingin buat cermin pada salah satu sisi garis guide. Tahan tombol Shift saat Anda tarik, yang akan memaksa gambar bergerak hanya kiri atau kanan, mencegah Anda dari sengaja bergerak ke atas atau ke bawah. Dalam kasus saya, saya akan menyeret orang di foto saya ke kiri dokumen hanya ke titik di mana bagian bawah telinganya menyentuh sisi wajahnya. Ini akan menjadi "flip point" untuk efek saya:

Tarik subjek utama Anda ke salah satu sisi dokumen, dengan menggunakan guide sebagai "flip point".
Jangan khawatir tentang daerah padatan putih yang sekarang muncul di sisi foto tersebut. Segala sesuatu di sisi guide ini akan diganti dengan versi cermin dari apa yang ada di sisi lain dalam sekejap.

Langkah 7: Tarik Sebuah Seleksi Sekitar Yang Ingin Dibuat Cermin
Pilih Rectangular Marquee Tool dari atas palet Tools, atau tekan huruf M untuk memilih dengan cara pintas keyboard:

Then, with the Rectangular Marquee Tool selected, drag a selection around the entire half of the document that you want to mirror. In my case, I'm going to drag a selection around the left half of the document. You'll find that your cursor will snap to the guide once you're close enough to it (as long as you have both the Snap and Snap to Guides options enabled in the View menu at the top of the screen). When you're done, you should have a selection outline around the entire half of the document that you're going to mirror:
Kemudian, dengan Rectangular Marquee Tool dipilih, tarik pilihan di sekitar seluruh setengah dari dokumen yang ingin kita buat cermin. Dalam kasus saya, saya akan menyeret seleksi sekitar setengah kiri dokumen. Anda akan menemukan bahwa kursor Anda akan snap ke Guides setelah Anda cukup dekat dengan itu (selama Anda kedua Snap and Snap to Guides pilihan diaktifkan di menu View di bagian atas layar). Setelah selesai, harus terlihat garis seleksi di sekitar seluruh setengah dari dokumen yang akan dibuat cermin:

Langkah 8: Copy Seleksi Untuk Sebuah New Layer
Dengan sisi yang akan dicerminkan sekarang dipilih, pergi ke menu Layer di bagian atas layar, pilih New, dan kemudian pilih Layer via Copy. Atau tekan keyboard shortcut Ctrl + J (Win) / Command + J (Mac):

Hal ini menciptakan salinan seleksi dan menempatkannya pada layer baru tepat di atas lapisan sebelumnya. Tidak akan tampaknya telah terjadi di jendela dokumen, tetapi jika kita melihat di palet Layers, kita dapat melihat bahwa kita sekarang memiliki layer baru bernama "Layer 2", dan jika kita melihat di layer thumbnail preview ke kiri nama layer, kita dapat melihat bahwa layer berisi salinan sisi dokumen kita telah dipilih:

Langkah 9: Balik Horisontal ke Kiri Atau Kanan Dokumen 
Untuk membuat efek gambar cermin, semua yang perlu kita lakukan pada saat ini adalah membalik setengah dari dokumen yang ada di "Layer 2" horizontal. Sebelum kita melakukan itu, meskipun, kita perlu memberitahu Photoshop bahwa kita ingin menggunakan pusat vertikal dokumen (di mana guide ini) sebagai "flip point". Untuk melakukan itu, tekan Ctrl + T (Win) / Command + T (Mac) untuk cepat membuka perintah  Photoshop Free Transform sekali lagi. Anda akan melihat kotak Free Transform dan muncul di sekitar sisi mana dokumen yang Anda disalin ke "Layer 2". Dalam kasus saya, itu adalah sisi kiri. Lihat simbol sasaran kecil di tengah kotak Free Transform, saya bilang tadi untuk tidak mengklik sebelumnya:

Simbol sasaran merupakan titik rotasi untuk perintah Free Transform. Secara default, itu terletak di tengah-tengah kotak Free Transform, tapi kita bisa bergerak di mana saja yang kita inginkan. Di mana pun kita memindahkannya ke menjadi titik rotasi baru. Untuk memberitahu Photoshop yang ingin kita untuk membalik gambar di sepanjang guide ini, cukup klik pada simbol sasaran dan tarik ke sisi handel langsung di tengah-tengah dokumen. Setelah Anda cukup dekat untuk pegangan, simbol sasaran akan snap untuk itu:

Tarik simbol sasaran (titik rotasi) ke Free Transform menangani di tengah dokumen.

Dengan perintah Free Transform masih aktif, pergi ke menu Edit di bagian atas layar, pilih Transform, dan kemudian pilih Flip Horizontal:

Photoshop membalik isi "Layer 2", dengan menggunakan simbol target yang baru direposisi sebagai titik rotasi, dan bagian kanan dokumen kini menjadi salinan sempurna cermin dari kiri setengah (atau sebaliknya):

Dokumen sisi kanan sekarang versi tercermin dari sisi kiri.
Tekan Enter (Win) / Return (Mac) untuk menerima transformasi dan keluar dari perintah Free Transform. Kita tidak perlu guide lagi, jadi pergi ke menu View dan pilih Clear Guides:

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahkan jika Anda lupa untuk membersihkan guides Anda ketika Anda selesai mengerjakan gambar, tidak perlu khawatir karena mereka tidak akan mencetak dan mereka tidak akan muncul dalam gambar jika Anda menyimpannya untuk web .
Dan dengan itu, kita sudah selesai! Di sini, setelah hanya beberapa langkah sederhana, adalah menyelesaikan efek "bayangan cermin" :
Nah itu dia tutorial 9 langkah Cara Edit Foto Efek Cermin Dengan Photoshop [Mudah] kali ini, semoga berguna buat kamu semua sobat. dalam editing yang dibutuhkan hanya ketlatenan dan jangan lupa selalu giat berlatih dan belajar dan terus belajar.