Iklan

Cara Menggunakan Patch Tool

Patch tool sebenarnya menggunakan teknik yang sama dengan Healing brush tool, tetapi Patch tool lebih cocok untuk memperbaiki cacat di daerah yang lebih besar. Untuk memulai menggunakan Patch tool, terlebih dahulu Anda harus menyeleksi area yang ingin Anda perbaiki lalu seret (drag) untuk menentukan area yang ingin Anda gunakan sebagai sampel untuk mengganti area yang rusak. Agar hasilnya lebih baik, maka sesuaikan daerah yang ingin Anda perbaiki dengan area sampel yang tersedia, jangan sampai area yang ingin Anda perbaiki lebih besar dari sampel yang bisa Anda gunakan.

Anda bisa menggunakan Patch tool dengan dua cara, yaitu sebagai:
  • Source, dengan membuat seleksi terlebih dahulu pada area yang akan diperbaiki lalu menariknya (drag) ke area yang bagus sebagai sampel.
  • Destination, dengan membuat seleksi pada daerah yang bagus dan kemudian men-drag seleksi tersebut ke atas area yang ingin Anda perbaiki.
Oke, mari kita coba menggunakan Patch tool ini untuk memperbaiki gambar di bawah.


Pada gambar tersebut, perhatikan ada sebuah puntung rokok di kaki kanan depan kucing yang mengganggu dan ingin kita hilangkan. Berikut langkah-langkah menggunakan Patch tool untuk memperbaiki foto tersebut.
  1. Download dan buka terlebih dahulu foto tersebut di Photoshop Anda.
  2. Masuk pada kelompok Patch tool dengan menekan tombol J, lalu pilih Patch tool. Tools ini berada di kelompok yang sama dengan Healing Brush,
  3. Aturlah Patch tool pada mode Content-Aware (pada options bar, di bawah menu). Ini akan membuat hasil yang ditempel lebih baik. Ini adalah fitur baru di CS6, jika Anda menggunakan versi Photoshop sebelumnya makan pilih Source.
  4. Atur juga metode Adaptation menjadi Very Strict untuk menghasilkan kualitas patch terbaik.
  5. Buatlah seleksi disekitar puntung rokok di bawah kaki kucing.
  6. Tarik ke area batu yang bersih lalu lepaskan.
  7. Tunggu Patch tool melakukan perbaikan.
  8. Anda bisa melakukannya lagi jika masih ada cacat yang tersisa
Berikut adalah hasil akhir setelah puntung rokok tersebut dihilangkan dengan menggunakan Patch tool. Bagaiamana, mudah sekali bukan. Sekarang saatnya Anda mencoba dengan menggunakan foto/gambar Anda sendiri.


Tips: Membuat seleksi
Walaupun Anda bisa membuat seleksi dengan Patch tool, Anda juga dapat membuat seleksi dengan tools seleksi lainnya seperti Maquees atau Lasso tool untuk membuat seleksi lebih akurat. Setelah seleksi dibuat, barulah aktifkan Patch tool.

<< Sebelumnya : Spot Healing Brush Tool