Iklan

Memberi Efek Fokus pada Foto dengan Blur Tools Baru pada Photoshop Cs6

Salah satu fitur baru yang paling saya sukai dalam Photoshop CS6 adalah Blur Gallery, dimana ada tiga fasilitas blur baru yang memungkinkan kita untuk mengatur fokus (kedalaman) sebuah foto melalui antarmuka yang bisa dikontrol langsung pada bidang gambar. Seperti yang kita ketahui, para fotografer sangat bergantung pada panjang fokus, jarak subjek dan aperture untuk menentukan in-focus dan daerah yang diblur pada sebuah gambar. Namun kadangkala, ada kendala teknis yang membuat efek yang diinginkan sulit diperoleh. Nah disinilah fungsi tools dari software dalam hal ini Photoshop digunakan.

Berbeda dengan pilihan blur dalam versi Photoshop sebelumnya, filter Blur Gallery pada Cs6 dirancang khusus untuk memberi efek blur yang selektif. Blur Gallery ini terdiri dari tiga filter yaitu Field Blur, Iris Blur, dan Tilt-Shift. Anda dapat menemukan blur tool baru ini pada menu Filter > Blur. Selain itu, ada juga Blur Effect terpisah yang memungkinkan kita untuk membuat Specular Highlights seperti efek melingkar yang dihasilkan oleh lensa kamera. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara memberi efek fokus pada foto dengan ketiga blur tools baru pada Photoshop Cs6, sehingga Anda juga bisa menggunakannya pada foto Anda.

memberi efek fokus, blur tools, field blur, iris blur, tilt-shift blur,

Karena filter blur ini diterapkan langsung pada gambar, bukan pada layer adjusment, maka sangat disarankan agar Anda selalu menduplikat layer gambar Anda terlebih dahulu sebelum menerapkan filter ini. Jika gambar Anda telah terdiri dari beberapa layer, maka pilih layer paling atas dan gabungkan seluruh layer yang terlihat menjadi sebuah layer baru dengan menekan  Command + Shift + Option + E (Ctrl + Shift + Alt + E pada Windows). Kemudian masuk ke menu Filter > Blur dan pilih Field Blur, Iris Blur atau Tilt-Shift untuk membuka Blur Gallery.

#1 Field Blur

Dari ketiga filter yang ada, Filed blur adalah tool yang paling sederhana dan memiliki kontrol paling sedikit dalam membuat efek fokus pada foto/gambar. Jika Anda memilih opsi ini dalam menu filter, gambar akan terbuka pada jendela editing dengan layar penuh. Sebuah 'pin' secara otomatis ditambahkan pada tengah-tengah gambar dan dikelilingi oleh cincin pengaturan (lingkaran sebagian abu-abu dan sebagian putih). Pada titik ini keseluruhan gambar diburamkan (blur) sesuai dengan tingkat blur yang diatur pada cincin penyesuaian.

memberi efek fokus, blur tools, menambahkan efek fokus, membuat foto lebih fokus, belajar photoshop, photoshop cs6, adobe photoshop cs6

Pada saat kursor Anda di dekat atau pada cincin penyesuaian, Anda dapat menyesuaikan jumlah/intensitas blur dengan menarik mouse di sepanjang tepi cincin. Anda akan melihat perubahan intensitas blur saat Anda menggerakkan mouse. Anda juga dapat menggunakan slider yang ada di panel sebelah kanan untuk megatur besar blur ini.

Oke, sampai disini kita telah memberi efek blur pada seluruh gambar. Hal yang menarik adalah ketika Anda menambahkan pin baru pada gambar. Saat Anda memindahkan kursor Anda dari cincin pin yang tadi, kursor akan berubah menjadi pushpin kecil dengan tanda tambah di sampingnya. Itu berarti Anda berada dalam mode 'add pin'. Anda tinggal mengklik untuk menempatkan fokus blur baru dan mengatur internsitas yang berbeda pada area tersebut. Anda bisa mengatur menjadi 0 untuk tidak mem-blurkan pada area yang baru Anda pilih.

memberi efek fokus, blur tools, menambahkan efek fokus, membuat foto lebih fokus, belajar photoshop, photoshop cs6, adobe photoshop cs6

Jika Anda menempatkan dua pin pada sebuah gambar, itu akan memberikan efek gradien seperti transisi yang halus antara efek blur dari masing-masing pin. Begitu juga jika Anda menempatkan lebih banyak pin karena Anda bisa menambahkan pin sebanyak yang Anda inginkan.

memberi efek fokus, blur tools, menambahkan efek fokus, membuat foto lebih fokus, belajar photoshop, photoshop cs6, adobe photoshop cs6

Anda juga dapat melihat blur mask aslinya dengan menekan dan tahan tombol M pada keyboard. Daerah berwarna putih berarti daerah yang memiliki blur sedangkan yang hitam adalah tidak. Bayangan abu-abu berarti daerah tersebut berpengaruh sebagian oleh efek blur.

Seperti pada gambar di atas, saya telah menambahkan banyak pin pada gambar tersebut untuk membatasi efek blur pada daerah-daerah tertentu. Perlu diingat bahwa intensitas blur setiap pin dapat diatur sendiri-sendiri, sehingga nilai-nilai Field Blur yang sebenarnya akan disesuaikan dengan pin-pin yang lainnya pada gambar.


Berikut adalah gambar aslinya dengan latar belakang yang agak mengganggu.

memberi efek fokus, blur tools, menambahkan efek fokus, membuat foto lebih fokus, belajar photoshop, photoshop cs6, adobe photoshop cs6, gambar anjing, mengejar layang-layang

Dan berikut hasil setelah saya sedikit mengaburkan background dengan Field Blur sehingga gambar lebih fokus pada anjing yang sedang mengejar layang-layang. Selain membuat efek transisi intensitas blur di daerah pasir dengan menambahkan beberapa pin dengan intensitas berbeda, kita juga perlu banyak pin untuk melindungi Anjing agar tetap fokus.

 memberi efek fokus, blur tools, menambahkan efek fokus, membuat foto lebih fokus, belajar photoshop, photoshop cs6, adobe photoshop cs6, foto anjing lucu, mengejar layang-layang, anjing melompat,

Walaupun kelihatannya cara ini lebih rumit dan butuh waktu lama serta tenaga dalam membuat efek fokus pada foto, namun dengan Field Blur hasil yang diperoleh cenderung lebih realistis dan transisi terlihat alami seakan-akan efek blur biduat langsung oleh kamera. Filter yang berikutnya, Iris blur akan kita bahas pada artikel berikutnya ya..

Next Page : #2 Memberi Efek Fokus pada Foto bag.2 >>