Iklan

Cara Menggunakan Healing Brush Tool

belajar photoshop, pemula, retouch foto, memperbaiki foto, photoshop cs6
Healing brush tool (J) adalah salah satu alat yang inovatif dan powerful dalam Photoshop yang digunakan untuk memperbaiki cacat dalam sebuah foto. Cara kerja Healing brush tool hampir sama dengan Clone stamp tool. Namun ia tidak hanya memindahkan suatu piksel dari satu tempat ke tempat lain, tapi menduplikasi piksel yang sesuai dengan tekstur, pencahayaan, dan  bayangan dari piksel asli yang ada disekitarnya.

Karena sampel Healing brush terletak di area sekitarnya (bagian tepi), maka Anda lebih baik membuat seleksi awal di bagian tepi dari objek yang rusak. Ini akan memberika hasil yang lebih baik dengan kontras yang kuat. Seleksi yang Anda buat harus lebih besar dari area yang perlu diperbaiki. Misalnya, jika Anda ingin memperbaiki cacat di wajah, maka buatlah seleksi awal di bagian kulit untuk menghindari pencampuran pada background (latar belakang) yang berdekatan.

Sebagai latihan, kita akan mencoba menggunakan Healing brush tool pada gambar di bawah. Dalam gambar tersebut, yang menjadi background adalah tembok, dan objek yang dianggap pengganggu dan akan kita hilangkan adalah gambar burung tersebut.

healing brush tool, belajar photoshop, pemula, retouch foto, memperbaiki foto, photoshop cs6

Berikut langkah-langkahnya.
1. Download terlebih dahulu gambar di aas dan buka di Photoshop Anda.

2. Aktifkan helaing brush tool dengan menekan tombol J. Pastikan untuk memeriksa ikon yang aktif dan yang terpilih bukan Spot healing brush tool.

3. Pilih brush yang lembut melalui Option bar atau Brush panel.

4. Atur blending mode menjadi Replace. Pilihan ini akan mempertahankan noise dan tekstur pada tepi stroke.

healing brush tool, belajar photoshop, pemula, retouch foto, memperbaiki foto, photoshop cs6

5. Tentukan sebuah sampel untuk memperbaiki piksel pada Options bar. Pilihan standarnya adalah Sampled. Ini akan mengambil piksel dari area disekitar titik sampel. Karena brush bergerak, makan titik sampel juga ikut bergerak untuk memastikan variasi dalam sumber sampel.

6. Kemudian tentukan perataanya. Jika Anda memilih Aligned, maka titik sampel dan titik melukis akan bergerk paralel saat Anda menggerakkan stroke. Jika Aligned tidak dipilih, titik sampel akan selalu sama dengan titik awal. Pilihan Always untuk memastika bahwa Anda selalu penggunakan sampel dari area yang sama.
7. Jika Anda ingin memperbaiki gambar pada sebuah layer kosong, maka centang pilihan Sample All Layers. Ini memungkinkan Anda untuk membuat sampel pada satu layer, dan kemudian menerapkan perbaikannya pada sebuah layer kosong di bawahnya sehingga Anda akan lebih fleksibel dalam mengatur. pekerjaan Anda. Jila kotak Sample All Layer tidak dipilih, maka hanya layer aktif saja yang akan digunakan.

8. Tambahkan sebuah layer baru di atas layer background.

9. Ditengah-tengah dinding, Tekan tombol Option (Alt) lalu klik pada tekstur bata yang jelas.

10. Klik dan mulailah melukis seperti Anda menggunakan brush. Karena piksel sampel diambil sebelum Anda melukis, maka mungkin perlu untuk mengganti lagi beberapa kali untuk menghindari masalah sampling bidang.

healing brush tool, belajar photoshop, pemula, retouch foto, memperbaiki foto, photoshop cs6

11. Setelah beberapa stroke pendek, gunakan mouse untuk menggabungan titik sampel. Sebelum piksel berbaur, Anda akan memperoleh stroke yang terlihat. Setelah itu, stroke harus berampr dengan lembut.

12. Lanjutkan untuk memperbaiki piksel yang tidak diinginkan yang masih tersisa. Untuk memperbaiki blend secara keseluruhan, Anda dapat membuat sample dari beberapa area yang berbeda.

Berikut adalah hasil yang akan kita hasilkan seteah menggunakan Healing brush tool untuk menghilangkan burung tadi.

healing brush tool, belajar photoshop, pemula, retouch foto, memperbaiki foto, photoshop cs6

<< Sebelumnya: Clone Stamp Tool