Iklan

Cara 4: Membuat Efek Bayangan Panjang dengan 3D Tools

Artikel kali ini masih seputar efek bayangan panjang, dimana ini adalah cara terakhir dari seri 4 cara membuat efek bayangan panjang dengan menggunakan Photoshop. Cara ini adalah cara yang paling cepat dan efisien karena sangat simpel namun tetap bisa diedit semaunya. Seperti sebelumnya, walaupun ini cara berbeda namun sebaiknya Anda baca artikel pertama untuk tutorial pembuatan layer teksnya.

Oke, lets do it.

Langkah 1

Pilih layer teks lalu masuk ke menu 3D > New 3D Extrusion dari layer yang Anda piih. Ini akan mengkonversi layer teks ke layer 3D.

Langkah 2

Untuk mengedit pengaturan Anda perlu membuka dua panel, yaitu 3D panel dan Properties panel (keduanya ada di menu Window). 3D Panel memiliki semua unsur dari tampian 3D, sedangkan Properties panel menampilkan pengaturan dari elemen yang dipilih pada 3D panel.

Mulailah dengan memilih tab View pada 3D panel, lalu pilih Top View pada menu drop down pada Properties panel.

Langkah 3

Pilih nama tautan teks, klik ikon Coordinates di bagian atas panel Properties dan ubah rotasi sumbu X menjadi 90° hingga teks menghadap ke atas.

Langkah 4

Klik ikon Mesh pada bagian atas panel Properties, lalu ubah Extrusion Depth ke nilai yang cukup besar, disini saya gunakan 300.

Hal ini untuk menciptakan ekstrusi yang sangat panjang, yang akan menciptakan banyangan panjang saat cahaya diberikan dari sudut tertentu.Jadi bayangan bergantung pada teks dan sudut cahaya, Anda mungkin perlu menggunakan nilai ekstrusi yang berbeda. Tapi Anda bisa memulai dengan nilai 200 hingga 3000.

Satu hal penting yag perlu diingat, yaitu masuk ke menu 3D > Snap Object to Ground Plane setiap kali setelah anda mengubah nilai ektrusi. Jika tidak, objek akan diperpanjang pada Ground Plade dan Anda tidak akan melihat perbedannya.

Langkah 5

JIka Anda ingin merubah ukuran dari teks, Anda bisa memperbesar atau memperkecinya dengan cara, klik tab View pada 3D Panel, lalu pilih Move Tool dan pilih Scale pada ikon 3D object dari 3D mode, atur ke kanan pada Options bar. Kemudian kik dan geser kemana saja, tarik ke bawah untuk memperbesar.

Langkah 6

Setelah Anda memperoleh seperti yang Anda inginkan, klik tab Infinite Light 1 pada 3D panel. Lalu Anda dapat melanjutkan dan mengubah sudut rotasi Y mejadi 45° pada panel Properties (setelah mengklik ikon Coordinates pada bagian atas panel Properties).

Langkah 7

Atau Anda dapat menggunakan Move tool untuk mngklik dan menarik cahaya sesuai yang Anda inginkan. Anda dapat melihat bayangan ketika Anda menggerakkan cahaya, jadi pindahkan bayangan di sekitar teks sampai Anda suka dengan tampilannya.

Langkah 8

Untuk memperoleh warna yang tepat dari teks asli, Anda harus menyesuaikan pengaturan Front Inflation Material. Jadi ubah warna Specular menjadi putih dan warna Illumination dan Ambient menjadi hitam. Kemudian ubah nilai Shine value menjadi 0.

Setelah itu, sebaiknya Anda masuk ke menu 3D > Render untuk melihat bagaimana hasilya sejauh ini. Anda mungkin perlu untuk merubah beberapa nilai pada warna teks dan sudut pencahayaan. Sebagai contoh, jika warna teks agak gelap Anda mungkin perlu mengubah nilai Shine value hingga 100%.

Langkah 9

Setelah Anda selesai degan pengaturan Front Inflation Material, klik pada tab Environment pada 3D panel. Lalu scroll ke bawah pada panel Properties hingga Anda melihat bagian Ground Plane. Ubah nilai Shadows Opacity ke ilai yang Anda inginkan. Disini, kami mengaaturnya pada 14.

Langkah 10

Klik ke menu 3D > Render untuk membuat tampilan terakhir.

Langkah 11

Anda membuat sebuah Clipping Mask untuk sebuah layer 3D. Jadi kami akan mengkonvertnya menjadi sebuah Smart Object dengan cara ke menu Filter > Convert for Smart Filters.


Langkah 12

Kamudian klik kanan Smart Object dan pilih Create Clipping Mask.


Langkah 13

Jika Anda ingin mengedit layer 3D, doble klick pada thumbnail layer Smart Object.

Langkah 14

Ini akan membuka sebuah file baru pada layer 3D yang asli. Anda dapat mengklik pada nama Mesh 3D pada panel 3D, lalu klik tombol Edit Source dibawah panel Properties.

Langkah 15

Ini akan membuka lagi sebuah file lain dan file baru ini berisi layer teks. Anda dapat merubahnya sesuai keinginan disini, seperti mengubah teks, jenis huruf, ukuran, dll. Meskipun demikian, warna harus diubah dalam tampilan 3D seperti yang Anda lihat pada langkah berikutnya.

Setelah selesai, simpan file (File > Save) dan tutup jendela (File > Close).

Langkah 16

Ini akan membawa Anda kembali ke file 3D dan akan diperbaharui dengan perubhaan yang baru saja Anda buat.

JIka Anda ingin merubah warna, gunakan kotak warna Diffuse. Anda mungkin perlu juga untuk menyesuikan warna Shine.

Setelah selesai, buat file sekali lagi lalu simpan file tersebut dan tutup.

Langkah 17

Sekarang Smart Object akan diupdate pada file asli dan hasilnya akan seperti ini. 

Itulah tutorial terakhir mengenai cara membuat efek bayangan panjang dengan Photoshop. Semoga bermanfaat dan Anda bisa mengambil pelajaran dari tutorial kali ini. Selamat berkreasi.