Iklan

Menggunakan Blending mode di Photoshop

Blending mode merupakan misteri dan sumber daya desain yang sangat besar. Sebuah blending mode mengatur bagaimana piksel dari suatu layer dipengaruhi oleh layer lain (atau dengan sebuah tool dari tools panel). Sebagian besar pengguna Photoshop penyerah dalam menggunakan blending mode karena definisi setiap mode bisa menjadi sangat rumit. Rahasianya adalah jangan terlalu memikirkan masalah teknis dan belajar bagaimana melakukannya dengan banyak latihan. Walaupun demikian, dalam posting ini saya akan memberikan Anda beberapa dasar-dasar yang harus Anda ketahui untuk membuat blending mode dari toolbox desain Anda dan selanjutnya Anda yang mengeksplore kreatifitas Anda sendiri.

blending mode, toolbox, belajar photoshop, photoshop cs6, pemula


Tentang Blending Mode

Ada 27 pilihan Blending berbeda yang tersedia di Layers panel dan bebersapa pilihan blending hanya bekerja dengan tools khusus. Bagimana cara kerjanya? Jawabannya, tergantung. Tergantung pada apa? Sederhananya begini, efek akan terbentuk dengan memadukan dua layer berbeda bersama isi dari kedua layer tersebut. Sebuah blending mode akan membandingkan isi dari dua layer dan perubahan yang diberikan berdasarkan isi dari kedua layer tersebut. Anda dapat menemukan blending mode pada banyak tools, dan mereka dapat  pula dikombinasikan  dengan setiap filter.


layer, options bar, control, tools, belajar photoshop, photoshop cs6
Blending mode detentukan melalui Options bar dan mengontrol bagaimana sebuah piksel dipengaruhi oleh sebuah alat lukis atau tools editing. Selain itu, Anda dapat mengatur blending mode layer untuk mengontrol bagaimana interaksi sebuah layer dengan layer di bawahnya. Pemahaman yang jelas mengenai hal dibawah ini akan membantu Anda untuk memahami blending mode.
  • Base color, yaitu warna asli dalam gambar.
  • Blend color, yaitu warna yang telah diterapkan dengan sebuah lukisan atau tools editing (atau warna pada layer atas)
  • Result Color, adalah warna yang dihasilkan dari pencampuran keduanya.
Bagaimana, Apakah Anda sudah mengerti? Jika belum, sebaiknya Anda tunggu postingan saya berikutnya dan kita langsung praktek bagaimana menggunakan blending mode. Karena dengan banyak latihan dan mencoba, Anda akkan mengerti dengan sendirinya proses kerja dari sebuah tools di Photoshop..