Iklan

10 Tips Photoshop CS6 untuk Meningkatkan Produktivitas

Photoshop CS6 hadir dengan banyak fitur shortcut yang dapat mempercepat kerja sehingga menghemat waktu Anda dan meningkatkan produktifitas Anda. Berikut adalah 10 tips Photoshop CS6 untuk Meningkatkan Produktivitas Anda.

1. Mencari layer dengan cepat


tips photoshop, photoshop cs6, tips pro, produktivitas, belajar photoshop, pemula
Salah satu fitur tambahan terbaik yang Adobe perkenalkan di Photoshop CS6 adalah kemampuan untuk menemukan layer dengan cepat. Di bagian atas Layers panel, Anda akan melihat bagian "Find" dengan menu drop-down dan tombol dual-state yang memungkinkan Anda menemukan dengan cepat semua layer teks, layer shape, layer dengan laber dan sebagainya.

2. Crop yang tidak merusak

tips photoshop, photoshop cs6, tips pro, produktivitas, belajar photoshop, pemula
Crop tool menjadi salah satu alat yang paling digunakan di Photoshop, namun juga salah satu yang paling merusak karena dapat membuang bagian dari gambar dan mungkin masih ingin Anda gunakan dikemudian hari. Alat crop baru hanya menyembunyikan daerah yang di crop dan tidak menghapusnya, yang berarti Anda masih dapat kembali untuk merubah posisi crop Anda tanpa harus mengulangi dokumen Photoshop Anda dari awal.

3. Menerapkan Blending mode secara bersamaan

Meskipun Anda selalu dapat mengatur opacity beberapa layer secara bersamaan, sebelumnya tidak dimungkinkan untuk melakukan hal yang sama untuk blending mode. Sekarang, CS6 memungkinkan Anda untuk mengatur blending mode dengan memilih beberapa layer dari menu drop-down sehingga dapat menghemat waktu Anda.

4. Memindahkan elemen gambar

tips photoshop, photoshop cs6, tips pro, produktivitas, belajar photoshop, pemula
Sala satu fitur baru terbaik CS6 adalah kemampuannya untuk memindahkan elemen dari satu bagian gambar tanpa mengkloning dan blending secara keseluruhan. Fungsi dari Content-aware Move memungkinkan Anda untuk merubah komposisi gambar Anda dengan cepat dan tidak ribet.

5. Gaya Teks dengan Mudah

CS6 memperkenalkan style paragraf dan karakter pada Photoshop, memungkinkan Anda untuk memberi style teks dengan cepat dan konsisten. Pilih menu Window > Paagraf Style untuk membuka panel, kemudian klik pada ikon New Style untuk menciptakan gaya baru. Klik dua kali pada style untuk mengatur jenis huruf, warna, leading, kernign, fitur OpenType dan pilihan tanda hubung. Untuk menerapkan ke teks, cukup sorot/blok teks dan klik style yang diinginkan.

6. Menambahkan Layer Styel pada Grup

Sekarang Anda dapat menambahkan style pada grup laye pada Photoshop CS6, sehingga sangat mudah untuk menambahkan stroke, drop shadow, atau efek bevel ke beberapa layer secara bersamaan. Pilih dua atau lebih layer dengan menekan Cmd/Ctrl dan klik pada layer kemudian gunakan menu pop-out Layer Style dibagian bawah panel untuk menciptakan style layer Anda, atau untuk menerapkan sebuah preset style.


7. Menambahkan Fokus Terpilih

tips photoshop, photoshop cs6, tips pro, produktivitas, belajar photoshop, pemula
Dengan galeri blur baru, Anda dapat mengaburkan dengan luas dan area tertentu untuk menambahkan fokus di gambar Anda. Anda pat menentukan dan mengedit titik fokus, jumlah blur, dan ukuran iris langsung pada kanvas menggunakan HUD. Anda juga dapat menambahkan efek khusus seperti Lens Bokeh dengan mudah, sehingga proses fokus menjadi lebih mudah dan menarik.

8. Auto-Saving

Photoshop CS6 sekarang memungkinkan untuk menyimpan dokumen secara otomatis di latar belakang sehingga Anda tidak perlu menunggu beberapa saat dalam proses save. Ini sangat menghemat waktu Anda, selain itu, auto-saving dan recovery data, sehingga jika Photoshop crash setelah Anda bekerja pada sebuah file selama satu jam, data tidak akan hilang. Anda dapat mengubah pengaturan ini dengan memilih menu Photoshop > Preferences > File Handling pada Mac, atau Edit > Preferences >File Handling pada PC.

9. Membuat Video Sederhana

Photoshop sekarang juga telah mendukungan untuk membuat animasi, transisi video dan timeline yang memungkinkan untuk pemisahan video dan audio track. Dengan ini, Anda dapapat membuat video slideshow yang sederhana untuk web, atau mengintegrasikan video dan teks di mana Anda tidak memiliki akses ke Premiere atau After Effects. Akses kontrol video ini melalui menu Window > Timeline dan memilih Create Timeline Video pada area Timeline.

10. Membuat Ekstrusi 3D dengan cepat

tips photoshop, photoshop cs6, tips pro, produktivitas, belajar photoshop, pemula
Tambahkan efek pada judul Anda menggunakan ekstrusi 3D di Photoshop CS6. Antarmuka 3D telah dirombak untuk membuatnya lebih friendly untuk membuat model non-3D, dan sekarang sangat mudah untuk membuat dengan kualitas tinggi, tipe 3D bertekstur dengan hanya menciptakan lapisan jenis dan memilih 3D > New 3D Extrusion dari layer yang dipilih. Bayangan dan refleksi juga lebih mudah untuk dikontrol, membuatnya menjadi cara yang bagus untuk membuat jenis tampilan menarik dengan cepat.