Iklan

Mengenal Mode Gambar

belajar photoshop, image modus,
Dalam Photoshop, Anda harus memilih salah satu dari delapan mode gambar ketika bekerja dengan suatu dokumen. Mode yang Anda pilih akan tergantung pada apa yang harus Anda lakukan dengan gambar tersebut dan bagaimana output yang Anda inginkan. Misalnya, mode yang dipakai untuk grafis web akan berbeda dengan yang digunakan untuk percetakan profesional. Tiga mode yang paling umum digunakan adalah RGB, Grayscale, dan CMYK, tapi ada baiknya anda mengenal mode gambar ini secara keseluruhan sebagai pengetahuan dasar. Anda dapat merubah mode ini pada menu 

Mode Gambar 1 - RGB Color

mode warna, belajar photoshop, mode gambar

Mode yang paling umum untuk gambar di Photoshop adalah RGB. Mode RGB Color menggunakan teori warna additive untuk mewakili sebuah warna warna (misalnya nilai 100% dari merah, hijau, dan biru menciptakan cahaya putih). Nilai intensitas yang berbeda dari warna merah (R), hijau (G), dan biru (B) dikombinasikan untuk membentuk sebuah warna baru. Dengan kombinasi nilai intensitas ini maka hampir setiap warna dapat terwakili dengan akurat.

Ketika bekerja di Photoshop, kebanyakan desainer memilih Mode RGB  untuk rentang yang lebih luas dari warna yang tersedia (gamut) dan dukungan yang luas untuk filter dan adjustments. Selain itu, monitor komputer menggunakan mode RGB untuk menampilkan warna, dan ini adalah rentang warna bawaan untuk tampilan pada layar. Karena Anda akan paling sering pengolahan gambar pada komputer, maka cara termudah adalah bekerja dalam rentang warna yang sama dengan monitor Anda.

Mode gambar 2 - CMYK Color

mode gambar, warna CMYK, belajar photoshop

Percetakan profesional menggunakan proses empat warna untuk mensimulasikan suatu warna. Keempat tinta tersebut adalah cyan (C), magenta (M), kuning (Y), dan hitam (K, kunci). Mode CMYK Color menggunakan metode warna subtraktif untuk menciptakan kembali sebuah warna. Teori warna subtraktif menjelaskan bagaimana suatu tinta atau pewarna dapat menyerap panjang gelombang cahaya tertentu dan memantulkan yang lainnya. Obyek warna ini didasarkan pada bagian mana dari spektrum cahaya yang tidak dapat diserap. Meskipun desainer menggunakan Mode warna CMYK  untuk pencetakan profesional, mereka akan bekerja dalam mode RGB terlebuh dahulu selama tahap desain. Mode warna  CMYK memiliki gamut warna yang lebih kecil, sehingga gambar akan dikonversi ke CMYK pada tahap terakhir persiapan gambar.

Mode gambar 3 - Grayscale

mode warna, mode gambar, hitam putih, belajar photoshop

Sebuah gambar grayscale menggunakan berbagai nuansa abu-abu untuk mewakili detil gambar. Sebagai contoh, gambar 8-bit diwakili oleh 256 tingkat abu-abu (lihat artikel lainnya tentang "Bit Depth"). Demikian pula, gambar 16-bit akan menunjukkan 65.536 tingkat abu-abu (sebuah perbedaan yang sangat besar, tetapi membutuhkan perangkat output yang mampu memanfaatkan data ini). Ketika membuat suatu gambar grayscale, penting untuk melakukan tes print dengan perangkat output dan kertas untuk melihat bagaimana kontras gambar tetap terjaga.

Mode Gambar 4 - Duotone

mode gambar, warna gambar, belajar photoshop


Sebuah gambar duotone sebenarnya bisa monoton, duotone, tritone, atau quadtone. Gambar hitam putih menggunakan tinta tunggal berwarna yang disebut monotones. Duotones, tritones, atau quadtones adalah gambar hitam putih yang dicetak dengan masing-masing dua, tiga, atau empat tinta. Duotones dapat membuat gambar hitam putih dengan kualitas cetak yang lebih baik. Saat menggunakan mode ini Anda harus men-setup khusus printer Anda untuk mencetak gambar tersebut.

Jika Anda ingin membuat gambar dengan tampilan duotone, Anda dapat membuatnya dalam mode RGB lebih dahulu lalu menggunakan adjustment layer untuk membuatnya hitam-putih. Bentuk yang paling populer dari duotone adalah gambar sepia-tone (sering terlihat dalam cetakan sejarah). Di zaman modern, seorang desainer dapat menggunakan duotone untuk tujuan style atau untuk menghemat uang dengan menggunakan lebih sedikit tinta.

Sampai disini dulu ya, ke empat mode gambar lainnya yaitu Bitmap, Indexed Color, Lab Color, dan Multichannel saya bahas di artikel berikutnya - Mengenal Mode Gambar - bagian 2... Semoga bermanfaat.