Iklan

Memahami Resolusi Gambar

Banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan resolusi dari sebuah gambar. Masalahnya adalah banyak orang (bahkan perusahaan) menggunakan istilah yang salah, yang membuat kita merasa bingung. Disini kita akan mempelajari beberapa istilah yang paling umum digunakan dan maknanya sehingga kita dapat memahami resolusi gambar ini dengan benar. Memahami masalah resolusi gambar dan perangkat output akan membantu kita dalam membuat keputusan yang tepat saat membeli atau memilih peralatan untuk digunakan.

Dots per Inch (dpi) – Titik per Inci

Istilah yang paling umum digunakan untuk menggambarkan resolusi gambar adalah Dots per inci (dpi). Meskipun Anda akan mendengar istilah ini digunakan untuk kamera digital dan scanner, namun sebenarnya dpi hanya cocok untuk printer karena dpi cukup mudah digunakan sebagai pengukuran resolusi output.

resolusi gambar, printer, surat kabar, koran, belajar photoshop, dasar gambar

Untuk menentukan dpi, kita perlu menghitung jumlah titik yang terdapat dalam area 1"× 1". Apabila dpi-nya tinggi maka itu berarti gambar berupa foto halus atau line art. Misalnya, surat kabar biasanya menggunakan sekitar 150 dpi, sedangkan majalah dapat menggunakan hingga 600 dpi. Pengguna printer dapat dengan mudah mencetak pada 600 dpi atau bahkan lebih tinggi, yang dapat menghasilkan hasil yang sangat baik (bila menggunakan kertas yang tepat). Bahkan penggunaan dpi yang lebih tinggi dapat menghasilkan foto anda menjadi lebih tampan. Sekali lagi, anda akan melihat dan mendengar dpi banyak digunakan untuk sebuah perangkat, tetapi istilah ini semata-mata mengacu pada hasil cetak dan output fisik.

Pixel per Inch (ppi) – Piksel per Inci

Ketika Anda melihat gambar Anda pada monitor komputer, pada hakikatnya Anda melihat pixel yang ditampilkan pada layar Anda. Monitor komputer menggunakan konsep inci logis. Awalnya, Mac OS secara umum menggunakan 72 pixel per inci (ppi) untuk mencocokkan konsep gagasan pencetakan 72 titik per inci pada kertas. Sedangkan OS Windows secara umum menggunakan 96 ppi.

dasar gambar digital, resolusi gambar, belajar photoshop
Akan tetapi monitor komputer dan perangkat portabel telah berkembang dengan pesat dan telah mendukung pengaturan variable resolusi. Dengan demikian, ppi sebenarnya digunakan untuk layar dan sangat bervariasi tergantung pada ukuran fisik layar dan resolusi yang digunakan oleh kartu grafis komputer. Misalnya, laptop modern sering menggunakan resolusi antara 100 ppi dan 140 ppi, dan perangkat seperti iPhone bisa mencapai 326 ppi untuk membuat citra yang lebih tajam pada layar kecil.

Anda tidak perlu khawatir dengan rasio pixel per inci pada layar Anda karena Photoshop dan kebanyakan program computer lainnya telah menggunakan ukuran resolusi standar dalam ppi. Sehingga jika kita berbicara tentang sebuah gambar yang ditampilkan, maka yang digunakan adalah ppi, bukan dpi.

Sampel per Inch (spi)

Meskipun scanner kurang umum digunakan, namun banyak profesional masih menggunakan scanner untuk memuat sketsa, foto, dan negatif asli. Para produsen sering melihat kemampuan dpi scanner mereka, namun tidak selalu akurat. Ini karena scanner tidak menggunakan titik, melainkan menggunakan sampel. Sampel adalah ketika scanner menangkap suatu bagian dari sebuah gambar. Sampel per inci (spi) adalah ukuran berapa banyak sampel yang diambil dalam ukuran satu inci. Secara umum, peningkatan pengambilan sampel mengarah ke file yang lebih akurat dengan gambar aslinya. Namun, ketika jumlah informasi melampaui batasan tertentu maka indra manusia (dan perangkat output elektronik) tidak bisa lagi membedakannya.

Scanner pada tingkat konsumen dapat menangkap resolusi optik sekitar 300 - 4800 spi. Perangkat profesional dapat menangkap resolusi optik jauh lebih tinggi lagi. Jika Anda bekerja dengan gambar besar, lebih baik jika menggunakan angka yang lebih rendah. Jika Anda memperbesar gambar yang sangat kecil, jumlah sampel yang besar sangatlah penting. Sampel lebih per diterjemahkan inci ke informasi lebih lanjut tersedia sebagai piksel, yang kemudian dapat dimanfaatkan dalam output ketika mereka akan dikonversi ke titik pada printer. Jadi, jika perangkat lunak scanner Anda menentukan dpi, itu berarti spi.

Lines per Inch (lpi) – Baris per Inci

line per inch, resolusi gambar, belajar photoshop, dasar gambar
Pada perusahaan cetak profesional, Anda akan sering mendengar istilah lines per inci (lpi). Ini berasal dari proses tradisional dimana gambar dengan warna yang telah digradasi (seperti foto) disaring untuk dicetak menjadi halftone. Awalnya ini dilakukan dengan menindihkan Film yang sudah dicetak dengan titik-titik di atas film sebelum terkena cahaya. Dalam era digital, proses dan istilah ini jarang digunakan, tapi sebaiknya anda tahu sebagai pemahaman dasar.

Sekarang, pekerjaan mengkonversi gambar ke garis dilakukan oleh sebuah imagesetter. Titik-titik tersebut diatur dalam garis, dan pengukuran lpi mengacu pada jumlah baris per inci. Lpi yang lebih tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih halus.

Sekarang bagaimana, anda sudah lebih memahami tentang resolusi dari sebuah gambar kan.. Oke, semoga artikel memahami resolusi gambar ini bisa bermanfaat. Sampai jumpa di artikel yang lain..