Iklan

Belajar Menggunakan Warna pada Photoshop - bagian 2

Halo teman-teman. Kali ini saya ingin menyambung postingan beberapa hari lalu tentang belajar menggunakan warna pada Photoshop. Sebelumnya saya sudah memaparkan beberapa metode yang dapat digunakan kita gunakan untuk menggunakan warna saat kita melukis sebuah gambar diantaranya Color Picker, Color Libraries dan Adobe Kuler. Disini saya akan memberikan tiga tools lainnya yaitu Eyedropper tool, Color panel, dan Swatches panel. Oke, sekarang kita bahas satu-satu.

Menggunakan warna dengan Eyedropper Tool


Eyedropper tool memungkinkan kita untuk mengambil sampel warna dari file yang sedang terbuka. Ini merupakan cara yang sangat berguna untuk memilih warna yang dapat bekerja dengan baik pada sebuah gambar. Untuk lebih memahami, cobalah ikuti langkah-langkah berikut:

bird, oranye, burung perkutut, burung cantik, bulu indah
1. Buka terlebih dahulu gambarnya di Photoshop. Misalnya gambar burung di atas.
2. Pilih Eyedropper tool pada Tools panel atau shortcut I pada keyboard.
3. Sesuaikan Sample Size di bar options,:
  • Point sample. Metode ini untuk membaca nilai dari satu piksel sehingga pilihan ini sangat sensitif terhadap warna yang kita klik pada tingkat piksel. Misalnya jika kita mengklik langit biru, piksel yang berdekatan bisa bervariasi walaupun masih sama-sama biru.
  • 3 by 3 Average. Metode ini akan membaca area piksel berukuran 3x3. Ini adalah metode yang lebih akurat untuk memilih warna menggunakan Eyedropper tool.
  • 5 by 5 Average. Metode ini akan membaca area piksel berukuran 5x5. Ini menciptakan pilihan warna yang lebih representatif.
  • Pilihan yang lainnya hampir sama, hanya saja menggunakan ukuran piksel yang lebih besar untuk menciptakan sebuah warna rata-rata. Pilihan yang lebih besar sebaiknya digunakan pula pada gambar dengan resolusi tinggi.
4. Klik bulu berwarna orange untuk mengatur warna foreground.
5. Pastikan bahwa anda mencentang kotak Show Sampling Ring. Klik lagi untuk memilih warna baru. Cincin tersebut akan menampilkan kepada anda perbandingan warna baru yang telah anda pilih.

Menggunakan Warna pada Color Panel

panel warna, menggunakan warna, memilih warna, photoshop cs6, belajar photoshop, pemula

Color Panel adalah cara lain untuk memilih warna tanpa harus membuka Adobe Color Picker. Klik menu Window -> Color atau tekan F6 pada keyboar untuk membuka jendela color panel. Color panel menunjukkan nilai-nilai warna foreground dan background. Kita dapat dengan mudah mencampur atau memilih warna dari panel:
  • kita dapat menggunakan slider untuk menggambungkan sebuah warna baru. Untuk mengubah model warna, klik panel submenu (tanda panah di kanan atas).
  • kita juga dapat mengklik spektrum warna di panel bagian bawah untuk memilih warna baru.
Color Panel akan menampilkan dua peringatan saat anda memilih panel:
  • tanda seru dalam segitiga, artinya warna tidak dapat dicetak menggunakan pencetakan CMYK
  • kubus, artinya warna tidak web-safe untuk warna grafis yang dilihat pada monitor 256 warna

Menggunakan warna dengan Swatches 

panel swatches, swatches panel, memilih warna, menggunakan warna, belajar photoshop, photoshop cs6, pemula

Panel swatches memuat warna-warna dasar. Kita dapat dengan cepat memilih warna-warna yang sering digunakan dengan mengklik panel ini. Kita dapat memuat swatch yang telah diatur dengan mengklik panel submenu swatches (tanda panah di kanan atas).
Berikut adalah tabel yang menunjukkan beberapa cara cepat yang penting saat kita bekerja pada panel Swatches.
panel swatches, jalan pintas, cara pintas, memilih warna, menggunakan warna, belajar photoshop, photoshop cs6, pemula

Ok.. itulah beberapa cara lain untuk memilih warna yang merupakan lanjutan dari posting kita sebelumnya tentang belajar menggunakan warna pada Photoshop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Jika ada tambahan, koreksi atau pertanyaan, jangan sungkan untuk berkomentar di bawah. Selamat mencoba dan sukses selalu.