Iklan

Tools Seleksi Dasar dalam Photoshop - Bagian 3 (Wand Tool)

Kali ini kita masih membahas tentang tools seleksi dasar dalam Photoshop dimana di dua posting sebelumnya kita sudah membahas Marquee tool dan Lasso tools dan pasa posting ini kita akan membahas tools dasar yang terakhir yaitu Wand tool.


Quick Selection dan Magic Wand (W) merupakan dua tools seleksi pada photoshop yang termasuk dalam kelompok Wand tool yang memungkinkan anda untuk membuat seleksi berdasarkan piksel yang berdekatan saat anda mengklik area dengan warna tertentu. Magic wand adalah tool yang jauh lebih tua yang bekerja cukup baik dengan area yang luas dan warna yang sama. Sedangkan Quick selection tools adalah perbaikan dari magic wand tool, sehingga tool ini cepat menjadi tool favorit di Photoshop.

 

Quick selection tool


Quick selection tools memungkinkan anda untuk membuat seleksi dengan cepat berdasarkan warna dan kontrasnya.


  1. Buka gambar di Photoshop
  2. Pilih Quick Selection tools dengan menekan W
  3. Pilih Auto-Enhance pada Option Bar
  4. Tekan tombol kurung siku kanan (]) untuk membuat seleksi lebih besar, tekan tombol kurung siku kiri ([) untuk membuatnya lebih kecil.
  5. Klik dan drag pada bunga untuk membuat seleksi awal
  6. Untuk menambah seleksi, klik dan drag lagi. Jika seleksi yang dibuat melebihi gambar, tahan tombol Option (Alt) untuk mengurangi seleksi.

Tips memperoleh hasil lebih baik secara otomatis

Pilih Auto-Enhance pada Option bar untuk dapat membuat seleksi dengan cepat. Anda harus memilih opsi ini sebelum kamu mengklik. Secara otomatis menghaluskan tepi seleksi.

Pengaturan seleksi dalam Magic Wand tool

Saat menggunakan Magic Wand Tool, akan ada beberapa pilihan yang tersedia pada Options bar yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan dan memodifikasi seleksi anda. Options ini sangat mirip dengan yang ada pada Marquee dan Lasso tools, jadi saya tidak akan menjelaskan lagi.
Empat icon pertama adalah untuk menentukan jenis seleksi:
A New Selection
B Add to selection
C Substract from selection
D Intersect with selection


Pengaturan yang lainnya berfungsi untuk memperbaiki parameter seleksi anda:
E Sampel size. Pilihan ini untuk menentukan berapa piksel tambahan dari seleksi anda. Nilai warna yang dipilih berdasarkan pada warna yang anda klik atau nilai piksel rata-rata disekelilingnya.
F Tolerance. Pengaturan ini menentukan seberapa besar piksel yang harus dapat anda pilih di awal. Anda dapat memasukkan nilai dalam pixel, mulai dari 0 – 255. Rentang nilai yang anda masukkan akan menentukan sebuah warna tertentu.
H Contigous.  Ketika bagian ini dicentang, hanya daerah yang berdekatan dengan warna yang sama yang akan diseleksi. Jika tidak diaktifkan, maka semua piksel pada seluruh gambar dengan warna sama yang akan di seleksi.
I Sample All Layers. Jika anda memiliki dokumen dengan layer yang banyak (berlapis) dan ingin memilih warna tetentu pada seluruh layer maka centang kotak ini.
J Refine edge. Tombol ini akan menampilkan jendela dengan beberapa pengaturan untuk menyesuaikan seleksi anda.



Latihan menempatkan Magic Wand Tool


Walaupun Magic wand tool menghasilkan seleksi yang agak kasar di awal, tapi kita tetap dapat pula membuat seleksi yang akurat. Coba menggunakan Magic Wand Tool pada gambar berikut.

  1. Terlebih dahulu simpan dan buka gambar tersebut di Photoshop.
  2. Pilih Magic Wand Tool dengan menekan Shift+W untuk Wand. Anda dapat menekan tombol W beberapa kali untuk beralih antara Quick Selection dan Magic Wand Tool.
  3. Atur Toleransi pada angka 20 dan centang kotak Anti-alias pada Options bar.
  4. Rubah ukuran Sample size menjadi 5 by 5 average untuk warna biru pada langit.
  5. Klik langit pada sudut kiri  atas untuk membuat seleksi awal.
  6. Bagian langit akan dipilih. Tahan tombol Shift dan klik daerah lain dari langit untuk menambah seleksi. Ulangi seperlunya sampai seluruh langit dipilih.
Ok.. sekian dulu penjelasan tools seleksi dasar dalam photoshop kali ini tentang wand tool. Semoga bermanfaat.
Selamat mencoba dan sukses selalu..