Iklan

Tools Seleksi Dasar dalam Photoshop - Bagian 2 (Lasso Tool)

Postingan kali ini masih menyambung posting sebelumnya tentang tools seleksi dasar dalam Photoshop dimana kita sudah membahas tentang Marquee Tools. Disini kita akan mempelajari tentang lasso tools. Ok, kita langsung saja,.



Lasso tool adalah salah satu tool di Photoshop yang memungkinkan Anda untuk membuat seleksi secara bebas dengan menggunakan mouse. Lasso Tools biasa digunakan untuk membuat seleksi kasar (yang kemudian dapat disempurnakan dengan menggunakan teknik seperti Quick Mask. Tombol Shortcut untuk memilih Lasso Tool adalah huruf L. Untuk memilih Lasso Tool berikutnya tekan tombol +L. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing Lasso Tool:
  1. Lasso Tool. Tool ini digunakan untuk membuat seleksi secara bebas sesuai gerakan mouse. Anda harus kembali ke titik awal untuk menutup bagian seleksi. Jika tidak, double klik agar Photoshop membuatkan sebuah garis lurus untuk menutup area seleksi yang anda buat. 
  2. Poligonal Lasso tool. Gunakan tool ini untuk membuat seleksi berupa segmen (potongan-potongan) garis lurus. Segmen-segmen tersebut dibuat setiap kali Anda klik. Klik pada titik awal untuk mengakhiri (menutup) seleksi atau double klik untuk mengakhiri seleksi. Untuk membuat garis dengan sudut 45 derajat, tekan dan tahan tombol Shift saat membuat seleksi. 
  3. Magnetic Lasso Tool. Jika anda menggunakan Magnetic Lasso Tools, Photoshop akan mencoba untuk membuat seleksi pada tepi gambar. Jika titik seleksi tidak akurat, klik satu kali untuk menambahkan titik secara manual. 

Latihan Menggunakan Lasso tool

Sebagai latihan, cobalah untuk menyeleksi gambar perahu di bawah ini. Coba gunakan Poligonal dan Magnetic Lasso Tool untuk menyeleksi perahu. Cobalah dengan sedemikian rupa hingga anda benar-benar mahir menggunakan kedua tools tersebut.


Saat anda membuat seleksi, anda dapat menekan tombol Delete untuk menghapus segmen. Tekan dan tahan sekali untuk menghapus titik terakhir, anda dapat melakukannya berulang kali untuk setiap titik. Tekan Esc untuk berhenti, tekan Ctrl+D untuk memulai lagi.

Pilihan Seleksi untuk Lasso Tool 


Ketika menggunakan Lasso Tool, anda memiliki beberapa pilihan yang tersedia di Options Bar untuk memperbaiki atau mengubah seleksi anda. Pengaturan ini mirip dengan yang terdapat pada Marquee, jadi saya hanya menjelaskan secara singkat saja.

Empat icon pertama untuk menentukan jenis seleksi.
A. Seleksi Baru 
B. Tambah ke seleksi 
C. Kurangi dari seleksi 
D. Berpotongan dengan seleksi 


Ketiga pilihan berikutnya adalah untuk membuat seleksi lebih halus.
E. Feather. Option ini berfungsi untuk membuat seleksi menjadi lebih halus.
F. Anti-alias. Ini berfungsi untuk membuat garis lengkung menjadi lebih halus.
G. Refine edge. Tombol ini akan menampilkan jendela dengan beberapa pengaturan untuk menyesuaikan seleksi yang aktif.

Option bar untuk Magetic Lasso 


Ada beberapa opsi tambahan pada Magenetic Lasso tool yang berhubungan erat dengan perilaku patahannya. Anda dapat mengubah pengaturan berikut pada Options bar:
  • Lebar. Lebar untuk menentukan seberapa luas suatu daerah Megnetic Lasso mendeteksi tepi dari gambar. Untuk melihat lebar pada tampilan, tekan tombol Caps Lock sebelum membuat seleksi. 
  • Edge Contrast. Nilai ini menentukan sensitifitas lasso untuk mendeteksi tepi gambar. Nilai yang lebih tinggi akan mendeteksi tepi dengan kontras yang tinggi, sedangkan nilai yang lebih rendah mendeteksi tepi dengan kontras yang rendah. Pada gembar dengan tepi yang jelas, anda harus menggunakan lebar yang lebih tinggi dan pengaturan kontras tepi. 
  • Frequency. Tingkat dimana Photoshop menambahkan titik anchor yang didasarkan pada pengaturan frekuensi. Titik anchor adalah tempat dimana lasso menempel, sehingga kita dapat memindahkan batas seleksi ke bagian lain. Anda dapat memasukkan nilai frekuensi ini antara 0 sampai 100. Nilai yang lebih tinggi akan menambah jumlah titik anchor pada garis seleksi. 
  • Stylus pressure. Klik icon stylus pressure jika anda menggunakan tablet atau layar sentuh. Hal ini memungkinkan anda untuk menggunakan tekanan pena untuk merubah lebar tepi. 
Ok...sampai disini dulu terkait pembahasan kita tentang Lasso Tool dalam seri tools seleksi dasar dalam Photoshop. Kita lanjutkan dengan Wand Tool pada postingan berikutnya. Semoga bermanfaat.
Selamaet mencoba dan sukses selalu.