Iklan

Tools Seleksi Dasar dalam Photoshop - Bagian 1 (Marquee Tool)


Kali ini kita akan belajar tentang tools seleksi dasar dalam Photoshop. Hal ini peting karena jika Anda benar-benar ingin menghasilkan sesuatu di Photoshop, Anda harus pandai membuat pilihan (seleksi). Anda mungkin ingin mengekstrak subjek dari foto atau mungkin mengubah langit menjadi warna warna biru yang lain. Atau, mungkin sweater dalam iklan Anda harus berwarna oranye bukan merah, atau Anda ingin menduplikasi beberapa bagian di background sehingga foto Anda tidak terlihat begitu kosong. Dalam setiap kasus, Anda dituntut untuk membuat pilihan yang tepat.



Anda mungkin dapat melihat gambar di atas dan dengan jelas mengatakan bahwa itu adalah ‘penampakan’ dari sebongkah batu yang di padang pasir. Gambar tersebut memiliki banyak warna yang sama untuk batu yang berwarna merah, serta warna kontras di langit. Sayangnya, komputer Anda hanya melihatnya sebagai sekumpulan piksel. Sehingga keterlibatan manusia sedikit diperlukan disini untuk membedakan bagian mana dari gambar yang ingin Anda manipulasi. Dalam Photoshop, hal ini disebut dengan membuat pilihan (seleksi).

tools seleksi dasar dalam photoshop, belajar photoshop
Dengan memilih area batu yang tampak, saya menerapkan Curves dan penyesuaian Vibrance untuk meningkatkan kontras dan warna di daerah tersebut.

Membuat seleksi yang tepat sangat penting, dan ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk membuat seleksi dengan baik. Tools-tools tertentu bisa jadi lebih mudah dan akurat daripada yang lainnya, tergantung dari bentuk objek dan penggunaannya. Sehingga Anda mungkin perlu menggabungkan beberapa teknik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Mengetahui beberapa metode yang berbeda memungkinkan Anda membuat seleksi yang akurat, tidak peduli bagaimana bentuk dari objek gambar yang hendak diseleksi.


Tools Seleksi Dasar 


Seperti yang sudah saya sebutkan di penjelasan tentang toolbox, tiga kategori tools yang dapat Anda gunakan untuk membuat seleksi dasar adalah Marquee tools, Lasso Tools, dan Wand Tools. Meskipun ketiganya sangat berguna, banyak pengguna lupa bahwa tool-tool tersebut hanyalah langkah awal dalam membuat seleksi.

Marquee tools 


Marquee Tools (M) memungkinkan Anda untuk klik dan seret untuk membuat seleksi. Untuk beralih antara Rectangular Marquee tool dan Elliptical, tekan Shift + M atau klik kanan pada grup Marquee Tools lalu pilih sesuai keinginan. Berikut penjelasan dari Marquee Tools:
Tool seleksi dasar dalam photoshop,belajar photoshop, photoshop dasar

  • Rectangular Marquee tool. Tools ini digunakan untuk membuat seleksi berbentuk persegi. Tekan tombol Shift untuk menggambar persegi. 
  • Elips Marquee tool. Alat ini digunakan untuk membuat seleksi berbentuk elips (lingkaran). Tekan tombol Shift untuk menggambar lingkaran. 
  • Single Row atau Single Column Marquee tool. Untuk membuat pilihan dengan luas 1 pixel dalam bentuk baris atau kolom. Kedua tool ini jarang digunakan, itulah sebabnya mengapa Adobe tidak menetapkan shortcut M untuk tool ini. Gambar Marquee Tool Cara cepat mengakses Tool Panel 

Ada beberapa cara untuk mengakses tool pada panel Tools: 
  • Anda dapat mengklik ikon tool. 
  • Anda juga dapat menekan dan tahan Option (Alt) dan klik tombol tool dalam panel Tools. 
  • Anda juga dapat menekan tombol shortcut huruf. Shortcut setiap tool dapat Anda lihat pada setiap akhir dari nama tools, ditulis dalam tanda kurung.
  • Untuk beralih ke tools yang lain, tahan tombol Shift dan tekan tool shortcut key. 
  • Jika tombol Shift adalah langkah ekstra Anda lebih suka tidak menggunakan, memodifikasi pengguna preferensi. Tekan Command + K (Ctrl + K) untuk memanggil layar umum Anda Preferences. Hapus centang pada kotak centang di sebelah Gunakan Shift Key untuk Switch Alat. 


Pilihan seleksi untuk Marquee Tool 


Bila anda menggunakan Marquee tool, Anda memiliki beberapa pilihan yang tersedia di Option bar. Pilihan ini dapat digunakan untuk meningkatkan atau memodifikasi seleksi Anda. Pertama, empat ikon untuk menentukan jenis seleksi:

A. New seleksi. Membuat seleksi baru.

B. Add to selection. Setelah Anda membuat sebuah seleksi, Anda dapat mengklik tombol ini sehingga seleksi selanjutnya akan digabungkan dengan seleksi yang ada. Anda juga dapat menekan tombol Shift untuk menambahkan seleksi.

C. Subtract from selection. Setelah Anda membuat sebuah seleksi, Anda dapat mengklik tombol ini sehingga pilihan berikutnya akan mengurangi seleksi yang ada. Anda juga dapat menekan Option (Alt) untuk mengurangi dari seleksi.

D. Intersect with selection. Pilihan ini mengharuskan Anda untuk membuat sebuah seleksi awal. Ketika Anda menggambar seleksi kedua, Photoshop akan menciptakan seleksi baru di mana dua seleksi tersebut dibuat tumpang tindih.

Tool seleksi dasar dalam photoshop,belajar photoshop, photoshop dasar


Pilihan berikutnya adalah untuk memodifikasi selection tool dan harus dipilih sebelum membuat seleksi:
E. Feather. Sebuah seleksi secara normal memiliki sudut yang tajam. Feather pada seleksi membuat sebuah lekukan secara bertahap (melengkung) pada sudut seleksi. Ini seperti perbedaan antara garis yang dibuat dengan pensil dan gambar yang dibuat dengan spidol felt-tip. Membuat feather pada seleksi berguna bila Anda ingin mengambil sebuah objek.

F. Anti-alias. Ketika bekerja dengan Elliptical Marquee tool, Anda dapat memilih Anti-alias untuk menciptakan garis lengkung yang lebih halus (terutama jika gambar Anda pada resolusi rendah).

G. Style. Untuk Rectangular Marquee tool dan Elliptical Marquee tool, anda dapat memilih dari tiga style (gaya) berikut pada Options bar:
  • Normal. Ini adalah pilihan default. Klik untuk menggambar seleksi anda dengan bebas. 
  • Fixed ratio. Anda dapat memilih perbandingan lebar dan tinggi. Sebagai contoh, untuk membuat seleksi dengan lebar tiga kali dari panjang, masukkan 3 pada kolom lebar dan 1 pada kolom tinggi. 
  • Fixed size. Anda dapat menentukan ukuran yang tepat terhadap lebar dan tinggi seleksi yang akan dibuat. Yamu dapat memasukkan dalan pixels (px), inches (in), atau sentimeters (cm).
H. Refine edge. Tombol ini berfungsi untuk memperhalus pada bagian-bagian tertantu.

I. Criteria. Anda akan mempelajari fungsi Criteria pada pembahasan tersendiri.

Latihan Memberi Seleksi Menggunakan Marquees 

Tool seleksi dasar dalam photoshop,belajar photoshop, photoshop dasar, segi empat, lingkaran

Sebagai latihan, coba anda buat beberapa seleksi pada gambar di atas.
  1. Simpan gambar di atas dan buka file di Photoshop. 
  2. Praktekkan untuk menyeleksi masing-masing objek menggunakan elips dan Rectangular Marquee tool. Jangan lupa untuk menekan tombol Shift untuk membuat seleksi lain tanpa menghilangkan seleksi yang telah dibuat sebelumnya. Jangan khawatir jika seleksi tidak tepat, Anda akan belajar banyak cara untuk membuat seleksi di materi berikutnya. 
Sekian dulu belajar kita kali ini tentang tools seleksi dasar dalam Photoshop, kita lanjutkan pada tool seleksi berikutnya yaitu lasso tool dan wand tool. Semoga bermanfaat.
Selamat mencoba dan sukses selalu..