Iklan

Beberapa Perintah Tambahan dalam Tool Seleksi

beberapa perintah tambahan dalan tool seleksi pada photoshop

Setelah kita belajar tentang Tools Seleksi dalam Photoshop, kali ini kita  akan mencoba membahas beberapa perintah tambahan dalam tool seleksi.

Beberapa perintah tambahan dalam seleksi dapat kita temukan pada menu Select atau dengan memilih Select -> Modify. Untuk penjelasan lengkapnya, baca penejelasa di bawah ini:
  1. All. Perintal All akan memilih (seleksi) seuma yang ada pada lapisan layer aktif dan diratakan pada pinggir gambar.tombol shortcut untuk Select->All adalah Commad+A (Ctrl+A) pada saat layer aktif.
  2. Deselect. Perintah deselect adalah untuk menghilangkan seleksi yang sedang aktif. Kamu mungkin perlu melakukan ini ketika kamu selesai  mengedit seleksi agar tidak terjadi kesalahan pengeditan gambar anda. Shortcut untuk perintah Deselect adalah Command+D (Ctrl+D) ketika layer aktif.
  3. Reselect. Perintah reselect sangat penting karena anda dapat memilih kembali seleksi yang terakhir dibuat pada dokumen anda. Perintah ini hanya berfungsi pada seleksi yang dibuat terakhir kali pada dokumen anda. Shortcut untuk perintah ini adalah Shift+Command+D (Shift+Ctrl+D) pada kanvas yang dipilih.
  4. Inverse. Konsep inverse ini sangat penting. Seringkali akan lebih mudah untuk menyeleksi yang tidak kita inginkan daripada  yang ingin kita seleksi, sehingga kita dapat menggunakan inverse untuk membalik seleksi dari yang tidak kita seleksi menjadi yang sebenarnya yang ingin kita seleksi. Shortcut untuk inverse adalah Shift+Command+I (Shift+Ctrl+I) pada layer yang dipilih.
  5. Grow. Perintah Grow akan membuat seleksi pada pixel yang berdekatan dengan batas toleransi tertentu. Untuk merubah jangkauan Grow dapat di atur pada Toleransi di Magic Wand tool.
  6. Similar. Perintah ini juga memilih pixel berdasarkan toleransi Magic Wand Tools, namun pikesl tidak perlu berdekatan.
  7. Transform Selection. Fungsi ini memungkinkan kita untuk memodifikasi seleksi yang dibuat seperti menggeser, merubah ukuran, atau memutarnya.

Berikut adalah beberapa perintah yang ada pada submenu Modify:
  1. Border. Jika anda sudah membuat seleksi, anda dapat menggunakan perintah Border untuk membuat frame baru seuai dengan nilai piksel yang dimasukkan. Anda dapat memasukkan nilai antara 1 sampai 200 piksel.
  2. Smooth. Perintah Smooth untuk membuat seleksi lebih halus dengan menambahkan nilai piksel yang lebih besar pada daerah yang bergerigi.
  3. Expand. Perintah expand berfungsi untuk memperluas daerah seleksi berdasarkan nilai piksel yang diberikan.
  4. Contract. Perintah ini  merupakan kebalikan dari Expand. Tentukan jumlah piksel sesuai yang diinginkan untuk membuatnya lebih kecil.
  5. Feather. Fungsi Feather berfungsi untuk mengaburkan tepi seleksi. Meskipun ini dapat menghilangkan  detil pada seleksi, tapi pengaturan ini dapat sangat berguna dalam membuat perpaduan transisi (seperti ketika hendak mengekstrak dengan tepi yang lembut seperti rambut atau kain). Ketika kamu menggunakan Freather terlalu banyak, anda mungkin akan kehilangan border seleksi. Shortcut untuk fungsi Feather adalah Shift+F6 pada layer yang aktif.
Itulah beberapa perintah tambahan dalam tool seleksi yang ada pada menu Select. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat teman-teman.
Selamat mencoba dan sukses selalu.