Iklan

Mengenal Photoshop

Sebelum kita belajar lebih jauh tentang photoshop dan berbagai tekniknya, ada baiknya jika kita mengenal photoshop terlebih dahulu. Karena dalam blog belajar photoshop untuk pemula ini kita benar-benar akan belajar photoshop dari awal, dari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Jadi, anda tidak perlu takut kesulitan meskipun anda sangat pemula dalam hal mengotak-atik foto.

Untuk mengenal photoshop, ada beberapa hal yang perlu kita tau seperti apa itu photoshop, bagaimana sejarahnya, perkembangannya, fitur-fiturnya, dan lain sebagainya.


Apa itu photoshop?

logo adobe photoshop, photoshop, cs5
Photoshop atau Adobe Photoshop merupakan salah satu software editor gambar yang dibuat khusus oleh Adobe System untuk pengeditan foto atau gambar serta memanipulasinya seperti pemberian efek (layer style) yang berbasis bitmap. Itulah sebabnya software ini banyak dimanfaatkan oleh para fotografer digital untuk mengolah hasil karyanya karena foto merupakan salah satu gambar dengan format bitmap. Saat ini Photoshop menduduki peringkat teratas untuk perangkat lunak pengolah foto/gambar bahakan dianggap sebagai "the best product" yang pernah diproduksi Adobe System.

Photoshop memiliki fitur yang banyak dan mudah dipahami, itulah sebabanya software ini lebih familiar dikalangan masyarakat untuk software pengedit foto/gambar. Selain itu, photoshop juga memiliki beberap keunggulan seperti bisa menyimpan hasil editan dalam berbagai format dengan berbagai kualitas beserta resolusi dan ukuran sesuai kebutuhan, bisa menambah fasilitas efek, serta bisa menyimpan hasil dalam berbagai format gambar yang umum digunakan seperti (jpg, png, dll).


Sejarah photoshop 

Sejarah photoshop diawali dari seorang mahasiswa PhD di Universitas Michigan, Thomas Knoll, yang membuat sebuah program dengan nama Display yang dapat menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Berkat program ini, ia kemudian direkomendasikan oleh saudaranya John Knoll untuk mengubahnya menjadi penyunting gambar penuh dan pada tahun 1988 mereka berkolaborasi dan mengganti namanya menjadi ImagePro. Setahun kemudian, Thomas kembali mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner setelah bekerja sama dengan produsen scanner Barneyscan.

sejarah photoshop, adobe photoshop, john knoll, thomas knoll

Selama waktu tersebut, John memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur Apple Computer Inc. dan direktur seni di Adobe, Russell Brown. Kedua demonstrasi tersebut berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988 dan pada tahun 1990 Photoshop 1.0 dirilis khusus untuk Macintosh.

Sampai saat ini, photoshop sudah sampai pada versi ke-13 yang dimakan Adobe Photoshop CS6. CS sendiri merupakan singkatan dari “Creative Suite” artinya pada versi ini photoshop sudah diintegrasikan dengan aplikasi creative suite buatan Adobe. Sedangkan kode 6 menandakan ini adalah versi yang ke-6 semenjak photoshop diintegrasikan dengan creative suite untuk pertama kalinya (Adobe Photoshop 8.0 pada tahun 2003). Adobe Photoshop CS6 inilah yang akan saya gunakan dalam blog ini, selain CS6 merupakan versi terakhir dari photoshop, banyak sekali kemudahan dan fitur baru yang diberikan dalam versi ini. Review khusus tentang Adobe Photoshop CS6 akan saya berikan di tulisan yang lainnya. Atau anda bisa berkunjung ke halaman Adobe Photoshop untuk melihat versi rilis terbarunya.


Fitur-fitur Photoshop 

Pada awalnya Photoshop dirancang untuk mengedit gambar dalam bentuk cetakan, namun pada saat ini Photoshop dapat pula digunakan untuk membuat gambar World Wide Web atau biasa disebut Website. Photoshop juga sekarang banyak diintegrasikan dengan Software pengolah media, animasi, dan authoring buatan Adobe lainnya. Format asli dari Photoshop .PSD, dapat pula diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan fitur special effect seperti latar belakang, tekstur, dan sebagainya untuk keperluan film, televisi, dan situs web. Contohnya Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.


Format File pada Photoshop

Photoshop dapat digunakan untuk membaca dan menulis gambar dengan format raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dll. Selain itu, Photoshop juga mempunyai beberapa format khas yaitu:
  • PSD (Photoshop Document) adalah format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone sehingga dimungkinkan untuk mengedit bagian-bagian tertentu dari gambar dengan format ini. 
  • PSB, format ini merupakan versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB. 
  • PDD, juga merupakan versi lain dari PSD yang dibuat hanya dapat mendukung fitur software PhotshopDeluxe. 
Software Photoshop tersedia untuk sitem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac. Bahkan sejak versi 9 diluncurkan, Photoshop sudah dapat dioperasikan di Linux meskipun masih membutuhkan software tertentu seperti CrossOver.

Saya pikir sampai disini kita sudah cukup untuk mengenal photoshop. Semoga jelas dan bisa membantu.