Iklan

Inilah Perkembangan Photoshop Sejak Pertama Kali Dibuat hingga Sekarang

Mungkin banyak dari kita sudah mengenal Photoshop dan sejarahnya, namun sedikit yang mengetahui bagaimana Photoshop berkembang sejak pertama kali diciptakan oleh Thomas dan Jhon Knoll pada tahun 1988.
Inilah perkembangan Photoshop sejak pertamakali dibuat hingga sekarang.

1988: Photoshop 0.63


Photoshop pertamakali dibuat untuk perusahaan Mac pada awal tahun 1998 dengan icon berupa gambar mata hitam putih. Versi ini masih dalam tahap ujicoba sehingga belum digunakan secara umum. Welcome splash photoshop 0.63 ini masih sangat sederhana dan juga hitam putih (maklum baru dibuat).


Tool-tools yang digunakanpun masih sangat sedikit antara lain marquee Tool, Lasso Tool, Hand Tools, Erase Tool, Eyedropper Tool, Smudge Tool, Sharpen Tool, Blur Tool, dan Brush Tool. Lembar kerja versi pertama ini didominasi oleh warna abu-abu dan putih dengan menu yang jauh berbeda dengan sekarang. 



1989: Photoshop 0.87


Satu tahun setelah Photoshop yang pertama dibuat, muncullah  versi barunya yaitu Photoshop 0.87. Versi ini juga masih berupa alffa version sehingga belum dapat digunakan secara umum. Walaupun masih sangat sederhana, namun ada beberapa tambahan tool pada versi ini seperti quick selection dan stamp tool. Berikut tampilan welcome splash dan toolbox yang terdapat di photoshop 0.87.

1990: Adobe Photoshop 1.0.7


Pada tahun 1990 barulah Photoshop versi 1.0 dirilis untuk digunakan secara luas setelah bergabung dengan Adobe System sehingga namanya berubah menjadi Adobe Photoshop.  Walaupun tampilan tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, akan tetapi tool yang disediakan sudah cukup banyak termasuk fitur shape, gradient, dsb. Versi ini baru bisa berjalan di MAC, belum bisa digunakan untuk Windows.


1991: Adobe Photoshop 2.0


Pada tahun berikutnya, Adobe Photoshop 2.0 dirilis dan mulai digunakan codename, Codename untuk versi 2 ini yaitu Fast Eddy. Di versi ini, Photoshop sudah mulai menggunakan warna, bisa dilihat dari logo dan welcome splashnya yang sudah berwarna, bukan hitam putih lagi. Sedangkan untuk support OS, lembar kerja, dan tools masih sama dngan versi sebelumnya.

1992: Adobe Photoshop 2.5


Pada November 1992, untuk pertamakalinya Adobe Photoshop dirilis untuk untuk dua OS yaitu Mac dengan codename Merlin dan Windows dengan codename Brimstone. Perubahan pada versi 2.5 ini antara lain pada Welcome Splash dan About screen yang selalu berubah dan juga telah mendukung 6 bit channel support. Toolbar dan workspacenya juga lebih rapi dari versi sebelumnya.

  

1994: Adobe Photoshop 3.0.4


Photoshop versi 3 dilincurkan pada september 1994. Pada versi inilah ditambahkan fitur yang menjadi khas dan senjata pamungkas Photoshop yaitu layer dan palet warna. Berikut adalah tampilan dari versi 3.0.



1996: Adobe Photoshop 4.0


Dua tahun kemudian, pada semptember 1996 Adobe kembali meluncurkan Adobe Photoshop versi 4 dengan codename Big Electric Cat. Perubahan pada versi ini adalah pada penambahan Action (macros) dan fitur Adjustment Layers.

1998: Adobe Photoshop 5.0


 Pada tahun 1998, Adobe kembali meluncurkan Adobe Photoshop 5 degan codename Strange Carqo. Penambahan fitur seperti History Pallet, Color Management, dan Magnetic Lasso. Dari segi tampilan, versi 5 ini masih belum jauh berbeda dengan versi sebelumnya.



1999: Adobe Photoshop 5.5


Walaupun dirilis tidak lama dari versi sebelumnya, namun versi 5.5 ini mengawali kejayaan Photoshop untuk web designer karena pada versi ini ada ditambahkan fitur Save for web, ImageReady (pendukung web desain) dan Extract. Codenamenya masih sama dengan versi 5.0 yaitu Strange Carqo.


2000: Adobe Photoshop 6.0


Photoshop 6.0 dirilis pada September 2000 dengan codename Venus in Furs. Tampilannya masih sama dengan versi-versi sebelumnya. Hanya ada penambahan beberapa fitur seperti Vector Shapes, Liquify (fitur pada Filter) dan Layer styles (Blending Options).


2002: Adobe Photoshop 7.0


Adobe merilis Photoshop 7.0 pada Maret 2002 kembali dengan codename Liquid Sky. Versi ini sudah dapat berjalan di tiga OS yaitu Windows, Mac OS “Classic” dan Mac OS X. Perubahan pada versi ini diantaranya yaitu tampilan yang lebih segar, text fully vectro, Healing brush dan painting engine yang baru.




2003: Adobe Photoshop CS1


Mulai versi ini, Adobe tidak lagi menamakan Adobe Photoshop 8 melainkan dengan sebutan CS1. CS merupakan singakatan dari Creative Suite, karena pada versi ini photoshop sudah diintegrasikan dengan aplikasi creative suite lainnya yang dibuat Adobe. Codename Photoshop CS1 adalah Dark Matter yang juga dapat dioperasikan pada Mac dan Windows.
Banyak fitur baru pada versi ini diantaranya adalah Camera RAW 2.x, Slice Tool, Shadow/Highlight, Lens Blur di menu Filter, Dokumen bisa sampai 300000 pixel dan masih banyak lagi.


2005: Adobe Photoshop CS2


Pada April 2005 Adobe merilis Adobe Photoshop CS2 dengan codename Space Monkey. Rilis kali ini uga memunculkan fitur-fitur baru diantaranya Camera RAW 3.x, Smart Objects, Image Warp, Spot healing brush, Red-Eye tool, Smart Sharpen dan Vanishing Point.
Adobe Photoshop CS2 dirilis untuk sistem operasi Mac OS X dan Windows 2000 / XP.

2007: Adobe Photoshop CS3


April 2007, Adobe merilis versi baru Photoshop dengan codename Red Pill. Photoshop CS3 ini memiliki tampilan yang elegant, dan berbeda dengan versi-versi sebelumnya. Disini Adobe membuatnya lebih minimalis dan lebih memprioritaskan workspace.
Fitur yang ditambahkan adalah Quick Select tool, Black-and-white conversion adjustment, Auto Align and Auto Blend, Mobile device graphic optimization dan masih banyak lagi. Untuk Photoshop CS3 dapat diinstall di sistem operasi Universal Mac OS X, Windows XP SP2 atau lebih.


2008: Adobe Photoshop CS4


Stonehenge adalah codename selanjutnya untuk Adobe Photoshop CS4 yang dirilis pada October 2008, untuk tampilan tidak jauh berbeda dari Photoshop sebelumnya, terlihat juga welcome splash masih sama hanya warna yang sedikit berbeda.
Fitur baru yang ditambahkan adalah: support Adobe Bridge CS4, support Windows Vista x64, Masks panel, Adjustments panel dan masih banyak lagi. Tampilan juga kembali diubah oleh Adobe seperti icon, Toolbar dan juga Workspace.

Adobe Photoshop CS3 
Adobe Photoshop CS3

2010: Adobe Photoshop CS5

Codename untuk Photoshop CS5 adalah White Rabbit yang dirilis pada April 2010. Perubahan yang dilakukan pada CS5 ini tidak banyak, diantaranya adalah tampilan icon, Welcome Splash, Toolbar dan Workspace. Sedangkan untuk fitur adalah: Mixer Brush, Automatic Lens Correction, Camera RAW grain control, support Mac OS X 64 bit.

Adobe Photoshop CS5
Adobe Photoshop CS5

2012: Adobe Photoshop CS6


Adobe Photoshop CS6Pada bulan Mei 2012 yang lalu, Adobe Photoshop kembali merilis Photoshop CS6 dengan Codename Superstition.
Tampilan hitam dark menjadi tema default pada Photoshop CS6 ini, namun anda tetap bisa merubah warnanya seperti warna abu-abu pada versi-versi sebelumnya. Banyak sekali kelebihan Photohsop CS6 ini, diantaranya Blur Gallery, Adobe Camera RAW 7, didukung oleh Adobe Mercury Graphics Engine, New Crop Tool, Auto-Recovery.
Adobe Photoshop CS6

Itulah perkembangan Photoshop Sejak pertama kali dibuat dihingga sekarang, kita tunggu apa yang baru di Photoshop selanjutnya. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.