Iklan

Kelebihan Photoshop CS6 - Bagian 2

Di artikel kali ini saya masih menyambung artikel sebelumnya tentang kelebihan Photoshop CS6. Ok..tanpa perlu basa basi langsung saja lanjutkan.


11. Menggunakan Brush Tool yang di perbaharui


Seorang pelukis digital selalu menyukai  apa bila ada Brush Tool  yang baru. Photoshop CS6 memperkenalkan dua fitur baru yaitu erodible tip dan airbrush tip. Pengaturan kuas Erodible membiarkan kita menarik garis dengan ujun yang mengikis seperti krayon (dari tipis ke garis tebal). Inilah yang memungkinkan kita dapat membuat lukisan yang terlihat lebih realistis. Tips airbrush harus di gunakan bukan dengan mouse tapi dengan pen tablet, karena pen tablet memungkinkan kita mengunakannya seperti kita mengunakan airbrush. Untuk mengunakannya kita harus menekannya lebih keras untuk membuat garis tipis atau ringan untuk garis tebal. Hal ini juga dapat mendeteksi sudut pena Anda untuk mengontrol arah semprotan. Anda akan membutuhkan sebuah tablet dengan sensitivitas yang tinggi agar fitur ini dapat bekerja dengan baik.




Tool Brush sendiri telah diperbaiki dengan ukuran kuas masimal 5000px dan di dukung oleh berbagai macam kursor. Dengan dukungan berbagai macam kursor ini memungkinkan kita mengubah ukuran dengan berbagai macam kuas hanya dengan menyeret mouse.


Jika kita menggunakan Tool Erodible, kita harus menetapkan Hotkey untuk mempertajam ujungnya. Caranya kita dapat ke menu Edit -> Alat ini terletak dibagian paling bawah dari daftar tools.


Pengaturan Airbrush



Untuk meninjau sebuatu Brush, tekan dan tahan tombol Alt/Optian lalu ke kanan setelah itu tarik dimana saja dalam lembar kerja untuk membuka pengaturan Brush.

12. Menggunakan Gradient


Apakah Anda pernah memakai Tool Gradient?, Anda akan melihat dan menyukai untuk Skala baru yang memungkinkan anda untuk mengatur skala hingga 1000% (sebelumnya hanya dampai dengan 150%)
Skala Gradient naik menjadi 1000% dari sebelumnya 150% di CS5





13. Menggunakan Fitur Text Yang Baru


Ada begitu banyak fitur dengan Type Tool namun Photoshop CS6 sekarang memiliki Menu Jenis baru. Salah satu fitur yang sangat disukai oleh desainer yaitu Lorem Ipsum. Lorem Ipsum berguna untuk memberikan kepada Anda text secara acak tanpa anda harus mengetik. Bahkan Anda dapat membuat sendiri Palet dengan karakter yang baru dalam firutr ini.


Open Type kini dibangun ke dalam palet karakter, dalam CS5 ini yang tersembunyi di dalam menu Flyout.


Gunakan karakter baru untuk membuat text dan preset paragraf.



Gaya Pilihan karakter



Besar Huruf
Anda dapat mengubah ukuran preview Font dengan pergi ke Type -> Font Preview Size menu.


14. Membuat adjustments dengan Adjustments and Properties palettes


Dalam Photoshop CS5, kita akan mengubah pengaturan dalam Adjustments panel. Sedangkan dalam CS6 memiliki panel baru untuk Properties aitu (Window -> Properties). Di dalam panel Properties terdapat tab Masking baru dimana kita dapat menyesuaikan Layer mask.




Fitur yang terbaru dalam CS6 juga dapat meningkatkan Brightness dan Contrast dan pengaturannya dapat dilakukan secara otomatis.



Ada tombol Auto baru dalam Brightness dan Contrast, sehingga tingkat dan penyesuaian Curves dapat bekerja secara berbeda. Sebelumnya untuk untuk menyesuaikan Contrast, kita akan dibawa ke untuk menyesuaikannya ke bagian warna merah, hijau dan biru. Dalam Photoshop CS6, warna yang dihasilan oleh Brightness dan Contrast lebih stabil serta lebih mudah untuk melakukan penyesuaian. Selain itu, kita dapat memodifikasi titik hitam dan putih tanpa harus pergi ke setiap warna.


Auto adjustment yang baru dan dilakukan secara algoritma dalam CS6

15. Warna Baru pada  Lookup Adjustment?


Photoshop CS6 memiliki Adjustment baru yang dapat diterapkan pada foto kesayangan Anda, dan ini salah satu yang sangat di sukain oleh Photograper. Adjustment Color baru ini dapat kita terapkan untuk mensimulasikan warna Film, Monitor dan perangkat lainnya. Hal ini terlihat cukup teknis pada pandangan pertama tetapi ketika Anda kilk pada menu drop-down, Anda akan menemukan bahwa Photoshop CS6 ini di lengkapi dengan preset warna yang dapat dengan mudah di gunakan.


Color Lookup Adjustment

Photoshop CS6 memiliki built preset dan sekarang kita bisa mendapatkan warna retro ini dengan hanya satu lapisan Adjustment.


3 Jalur Teknic perbandingan Warna

Photoshop CS6 ini dilengkapi dengan 32  profil warna Looup dan kelebihannya Anda dapat menabahkannya sendiri agar lebih banyak lagi.


16. Mengedit File RAW di kamera baru


Phothosshop CS6 menggunakan kamera RAW yang sama yang dapat kita temukan di 4 Lightroom dan tentunya sekarang dapat bekerja menjadi lebih baik. Ada sebuah proses yang baru untuk mengatur gambar lebih masuk akal, dan kita hanya memprosesnya dari atas ke bawah. Adjustment juga memberikan hasil yang lebih baik dan lebih banyak ruang untuk memulihkan sebuah gambar.
Camera RAW 7 VS 6.5

Alur kerja baru ini memungkinkan kita bekerja dari atas ke bawah, dan yang perlu Anda ketahui bahwa nilai-nilainya semua selalu di mulai dengan 0.

Penyesuaian Camera RAW 6.5 VS 7 secara Otomatis

Camera RAW 7 melakukan penyesuaian otomatis secara signifikan dan penyesuaiannya bekerja lebih baik dari pada RAW 6.5.

17. Memperbaiki Sudut lebar sebuah Foto dengan Filter Wide Angle terbaru


Photografer sekarang memiliki kontrol atas foto mereka dengan filter baru yang dapat mengoreksi distorsi. Pertama, ia dapat bekerja sebagai Smart Filter yang berarti kita dapat mengubah layer menjadi Smart Object, kita dapat memakai Filter dan kemudian kembali untuk mengeditnya setiap saat bahwa dengan mengoreksi distorsi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Cukup menarik garis lurus di atas Objek dan Photoshop secara otomatis akan memperbaiki foto kita.

Jika Anda membuat panorama dari beberapa foto dengan Photoshop, Anda dapat menggunakan opsi koreksi panorama yang dirancang untuk memperbaiki lengkungan di photo panorama kita. Anda dapat menciptakan panorama dengan stitch tool Photoshop dan Anda akan melihat hasilnya. Photoshop CS6 tidak menyarankan Anda untuk membuka file panorama dalam bentuk JPEG, karena file tersebut  tidak akan bekerja dalam Proses ini.

Menggunakan Adaptive Wide Angle filter
Cukup menarik garis untuk meluruskan tepi. Tahan tombol Shift untuk membuat tepi yang sempurna secara horisontal atau vertikal.


Sebelum dan sesudah koreksi dari perspektif dan distorsi dengan  Adaptive Wide Angle filter

Filter ini bekerja baik untuk memperbaiki foto-ultra wide angle. Garis miring dan melengkung diluruskan dalam waktu kurang dari 1 menit. Hal ini juga tetap menghasilkan gambar yang perspektif.

18. Menggunakan  Liquify tool pada gambar dengan ukuran besar


Cukup banyak orang yang mengunakan  Liquify tool untuk Photo yang mereka hasilkan. Sekarang di CS6, Anda dapat mengubah gambar dengan tidak ketinggalan 1 detail pun dari Photo Anda. Hal ini dimungkinkan dengan Engine Graphics baru Merkurius yang menggunakan GPU dapat melakukan pekerjaan tersebut. Anda bahkan dapat mengedit menggunakan ukuran maksimal dengan mengunakan new max brush dari 15.000 piksel (naik dari 1500 piksel) tanpa lag.

Liquify Tool di Photoshop CS6

Peningkatan kinerja dan ukuran brush yang lebih besar membuatnya lebih mudah untuk mengubah resolusi tinggi sebuah Photo.


Sebelum dan sesudah perbandingan menggunakan Liquify Tool sehingga menjadi  melengkung.
Menggunakan ukuran brush yang lebih besar, Anda dapat membuat Photo Anda melengkung pada resolusi yang tinggi pada sebuah foto.


19. Mengubah foto menjadi lukisan minyak dalam hitungan detik.


Filter ini sangat artistik sehingga memungkinkan Anda dengan mudah mengubah foto menjadi lukisan minyak. Sayangnya, Filter ini mempunyai masalah yang sama seperti banyak filter artistik pada umumnya. Itu berarti bahwa jika Anda bekerja pada sebuah foto dalam ukuran resolusi yang tinggi, Anda mungkin tidak akan mendapatkan efek yang cukup kuat. Satu-satunya cara adalah menurunkan resolusi Photo Anda. Setelah proses selesai, baru kemudian Anda memperbesar kembali resolusi tersebut.

Sebelum dan sesudah perbandingan menggunakan filter Cat Minyak (Oil Paintings)

Mengubah foto ke lukisan minyak dalam hitungan detik.


Photoshop CS6  Filter Cat Minyak (Oil Paintings)

Filter Cat Minyak (Oil Paintings)



Diagram pengaturan Filter Cat Minyak (Oil Paintings)

Pengaturan Anda dapat di sesuaikan untuk mendapatkan hasil tampilan yang Anda suka.

Ok Sampai disini dulu pembahasan tentang kelebihan Photoshop CS6 bagian kedua ini,. Saya akan lanjutkan bagian terakhir dari sesi ini pada artikel berikutya. Semoga bermanfaat.
Selamat mencoba dan sukse selalu.