Iklan

Belajar Fungsi Copy dan Paste Selection Pada Photoshop


Kali ini kita akan belajar fungsi copy dan paste selection pada Photoshop. Ini adalah pelajaran dasar yang sangat diperlukan sekali bagi pemula yang baru Belajar  photoshop.
Tutorial Photoshop ini merupakan kelanjutan dari sekian Tutorial Dasar yg disuguhkan disini sebagai pengembangan dari proses seleksi dan pengenalan layer bagi para desainer pemula.

Sesuai dengan pengalaman saya dalam menggeluti Photoshop pertama kali memang kesulitan untuk membuat bangun kotak lingkaran maupun bangun lainnya. inilah yg membedakan antara bermain photoshop dan coreldraw, di coreldraw kita bisa dengan mudah membuat bangun bangun vector dengan hanya menggunakan rectangle tool namun di photoshop kita harus pandai-pandai memanfaatkan seleksi (selection).

Seleksi (selection) merupakan magic yang harus dikuasai dalam photoshop apapun dan bagaimanapun caranya. Keahlian seorang master photoshop dimulai dari tahap ini.
Demikian gambaran tentang photoshop semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Oke kita mulai saja untuk Belajar Fungsi Copy dan Paste Selection Pada Photoshop sebagai pengenalan cara pembuatan bangun (kotak) dengan memanfaatkan selection tool.
  1. Buka Photoshop.
  2. Buat lembar kerja baru. Caranya: File -> New (CTRL + N). Langsung saja tekan OK menurut default photoshop anda
  3. Sekarang Buat Layer Baru (CTRL + SHIFT + N)
Nah inilah tadi yg membedakan photoshop dan coreldraw, di corel kita tidak perlu repot membuat layer baru, namun jika di photoshop anda harus membuat layer baru agar gambar yg anda punya tidak tercampur dengan gambar yang lainnya.

Contoh:
Buat seleksi dengan Rectangular marquee tool (M) dan taruh pointer ke kanvas (Lembar kerja anda) Tahan Klik kanan dan terbentuklah seleksi yang ditandai dengan titik-titik putih.


Klik Fill Tool

Lalu klik seleksi yang anda buat tersebut. akhirnya jadi berwarna. Kita dapat menyesuaikan warna ini di bgaian Foreground Color.

Tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi / bintik hitam putih tersebut.
Nah disini kita bisa lihat bahwa kita mempunyai dua buah layer:

yang artinya bangun kotak yang kita buat akan memiliki kebebasan bergerak yang tingg.

4. Ok, sekarang sesuai judul tutorial ini maka kita akan membahas mengenai membuat copy (cara mengcopy) dari seleksi agar bangun yang kita buat simetris buat seleksi lagi dengan Rectangular marquee tool (M).






Kira-kira seperti ini
Lalu Tekan CRTL + C (ini adalah perintah untuk meng COPY) dilanjutkan ke CTRL + V (perintah untuk memPASTE hasil copy).
kita dapatkan bangun yang dimetris
Dengan teknik diatas anda bisa membuat berbagai hal keperluan Desain grafis, tinggal anda yang mengembangkanya.
Selamat mencoba…
Dan teruslah berkarya…

Credit : http://kampusphotoshop.blogspot.com/